loading...
============

SUARABMI.COM - Seorang TKW yang mempunyai akun facebook Qicixz yang mengaku sebagai TKW mengunggah sebuah pernyataan yang mencengangkan dimana ia mengaku gajinya lebih besar dari pilot Lion Air di Indonesia.

"Aku adalah seorang TKW, yang kemarin - kemarin nyinyir soal TKW, seorang pilot aja masih jauhhhhhh gajinya sama TKW bro. Tak dudohi meleko sing ombo ya, 4520 x 1935 kurs saat ini = 8.764.200" Tulisnya.

Postingannya ini mengacu pada berita yang sedang viral di mana gaji yang dilaporkan perusahaan Lion Air untuk pilotnya hanya 3,7 juta sedangkan co-pilotnya sebesar 20 juta.

Perlu diketahui untuk menjadi TKW diluar negeri kita hanya modal nekad dan niat serta potongan 6 sampai 10 bulan dan untuk menjadi pilot membutuhkan dana 800 juta hingga 1 M, itupun masih belum tentu lulus dan dapat ijin terbang.
[ads-post]
Lalu berapa sih gaji pilot di Indonesia?. Dilansir dari Kompas, pendapatan pilot Indonesia rata-rata Rp 40 juta hingga Rp 50 juta per bulan.

Untuk pilot pemula yang baru mendapatkan commercial pilot license akan menghasilkan sekitar Rp 30 Juta per bulan. Lain lagi dengan maskapai BUMN seperti Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia mampu memberi upah pilot juniornya sebesar Rp 60 Juta per bulan pada tahun-tahun pertamanya.

Komponen pendapatan tersebut biasanya terdiri atas gaji ditambah tunjangan lain dan terus bertambah seiring bertambahnya jam terbang.

Ketika sudah menjadi pilot senior di maskapai Garuda Indonesia, gajinya bisa mencapai Rp 100 Juta sampai Rp 150 Juta.

Pendapatan tersebut belum termasuk fasilitas lain seperti tunjangan kesehatan, asuransi, lost of flying license, iuran pensiun, BPJS, penghargaan masa kerja dan masih banyak lagi.

TKW Ini Bangga Gajinya Lebih Gede Dari Pilot Lion Air - Ketahui Ini Gaji Sebenarnya Para Pilot di Indonesia

Powered by Blogger.
close