loading...

SUARABMI.COM - Upah dasar minimum Taiwan akan meningkat menjadi NT$ 23.000 tahun depan terhitung mulai 1 Januari 2019. 

Namun standar upah bulanan pekerja domestik asing (PRT) dan lokal tidak sama, sebelumnya berjumlah NT$ 15.840 dinaikkan menjadi NT$ 17.000 pada tahun 2015 setelah 18 tahun tidak bertambah. 

Setelah tiga tahun jeda, konferensi perburuhan Taiwan dan Indonesia berlangsung tanggal 14 kemarin. 

Menteri Ketenagakerjaan Indonesia Muhammad Hanif Dhakiri dan Menteri Ketenagakerjaan Taiwan Hsu Ming-chun menjadi saksi penandatanganan MOU. 

Pihak Indonesia mengharapkan kenaikan NT$ 2.000 menjadi NT$ 19.000 agar sebanding dengan gaji pokok Taiwan dan menuntut kebebasan untuk beralih majikan. 
[ads-post]
Pihak Taiwan mengusulkan agar para buruh lulus evaluasi bahasa Mandarin sebelum berangkat ke Taiwan serta menyediakan jaminan asuransi bagi nelayan.

Wakil Menteri Kementerian Ketenagakerjaan // Lin San-quei menjelaskan, "kami tidak tahu apakah mereka akan mengusulkan permintaan seperti ini. Nanti kita lihat sikap Indonesia di meja perundingan."

Semoga kenaikan gaji ini segera terealisasi agar sesuai dengan hak yang seharusnya di terima oleh PRT. Kerja keras bagai kuda masa gajinya tak sesuai. Menurut kamu cukup nggak kalau gajinya NT$ 19.000?

Pemerintah Indonesia Mengharapkan Gaji TKW Dinaikkan Menjadi N$ 19.000 Pada Tahun 2019, Menurut Cukup Tidak?

Diberdayakan oleh Blogger.
close