loading...

SUARABMI.COM - Imigrasi HK menolak pengajuan 1817 visa pekerja migran sejak Juni 2013-Oktober 2018 terutama karena pekerja migran tersebut tercatat kerap gonta-ganti majikan. Menteri Labor dan Kesejahteraan HK Law Chi-kwong menyatakan penolakan tersebut dilakukan sebagai upaya Pemerintah HK menghentikan para pekerja migran nakal yang kerap gonta-ganti majikan.

“Imigrasi telah memproses aplikasi visa dengan teliti. Jika pengaju (visa) memiliki catatan jelek atau pelanggaran, Imigrasi akan menolak aplikasi itu,” kata Law di depan rapat LegCo, Rabu, 12/12/2018.

Menurut Law, salah satu catatan jelek itu adalah para pekerja migran yang kerap gonta-ganti majikan.

Menurut Law, Imigrasi telah menerima sekitar 544 ribu aplikasi  visa kerja untuk pekerja migran dari Juni 2013 hingga Oktober 2018. Sekitar dua persen di antaranya atau sekitar 11.077 mendapat perhatian khusus Imigrasi karena berbagai sebab termasuk pindah kerja, kematian, mantan majikan tak lagi mampu menggaji atau karena pekerja migran itu jadi korban eksploitasi.

“Dari 11.077 kasus ini, Imigrasi menolak 1.817 aplikasi, sekitar 819 aplikasi ditarik oleh mereka yang mengajukan dan 658 aplikasi tidak dapat dilanjutkan lagi,” kata Law.
[ads-post]
Dari pengajuan aplikasi tersebut, Law menyatakan Imigrasi memperhatikan secara khusus terutama untuk penyebab diputusnya kontrak sebelum 12 bulan, kecuali karena kasus penganiayaan.

Dari Juni 2013 hingga November 2015, Imigrasi telah menolak 582 aplikasi visa atau rata-rata 20 aplikasi visa pekerja migran setiap bulannya. Namun dengan total penolakan 1.17 aplikasi visa selama 64 bulan, ini artinya setiap bulannya Imigrasi lebih ketat menyeleksi visa kerja denga menolak sekitar rata-rata 28,4 aplikasi per bulan.

Pernyataan Menteri Labor Law ini dikeluarkan untuk menjawab pertanyaan dari anggota LegCo, Chiang law-wan. Chiang menuduh banyak agen-agen tenaga kerja yang sengaja menyuruh pekerja migran untuk bekerja dengan buruk agar dipecat, sehingga mendapat satu bulan gaji ganti pemberitahuan, tiket pulang gratis, lalu agen akan menarik biaya agen lagi dari majikan baru. | suara

Sejak 2013, Imigrasi Hongkong telah tolak 1817 aplikasi visa pekerja migran

Diberdayakan oleh Blogger.
close