-----
loading...

====

Berteman

SUARABMI.COM - Jumlah warga di wilayah Kabupaten Blitar yang memilih menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terus meningkat. Ini disebabkan minimnya lapangan pekerjaan, serta besarnya upah bekerja di luar negeri.

"Hingga akhir tahun ini, sudah ada 3.400 orang yang berangkat menjadi TKI. Tahun lalu hanya 3 ribu. Angka ini mungkin akan bertambah, seiring minimnya lapangan pekerjaan di Kabupaten Blitar," kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kabupaten Blitar, Yudi Priyono, Jumat (14/12/2018).
[ads-post]
Menurutnya, peningkatan warga Blitar yang menjadi TKI jika diprosentasekan mencapai 10 persen per tahun. “Negara yang paling banyak dituju, yakni Hongkong dan Taiwan,” tambah Yudi.

Sementara dari banyaknya TKI yang bekerja di luar negeri tersebut, Disnaker mencatat ada beberapa TKI yang terkena kasus seperti TKI meningal dunia ataupun sakit.

“Jadi selama 2018 saja Disnaker Kabupaten Blitar, sudah mencatat ada 8 TKI meningal dunia karena sakit dan kecelakaan kerja. Maka, kami menghimbau agar para TKI berhati hati dalam bekerja,” pungkas Yudi.

Susah Cari Kerja di Daerah Sendiri, Ribuan Warga Blitar Berbondong - Bondong Jadi TKI Tahun Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
close