loading...

SUARABMI.COM - Meski pemberitaan tentang pembaruan kartu identitas Hong Kong (HKID Card) berulang kali dikabarkan, namun masih banyak yang belum memahami perihal ini. Berikut penjelasan Departemen Imigrasi Hong Kong terkait kewajiban pembaruan HK ID Card.

Siapa saja yang harus memperbarui HK ID Card?
Pembaruan HK ID card diawajibakan kepada setiap jenis penduduk yang berada di Hong Kong, terlebih bagi mereka yang memegang HK ID card yang diterbuitkan pada periode 23 Juni 2003-24 November 2018. Seluruh penduduk Hong Kong mulai dari  Penduduk Permanen (Permanent Resident), Penduduk yang berada di Hong Kong untuk bekerja (Resident for Employment) termasuk Pekerja Rumah Tangga migran, investor dan mahasiswa asing yang belajar di Hong Kong.

Jika anda tidak memperbarui HK ID Card Anda dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka akan dikenakan denda sebesar HK$5000.

Bagaimana caranya memulai pembaruan HK ID Card?
Setiap orang diwajibkan untuk membuat janji (Appointment) dengan cara melakukan booking terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk mengatur jadwal pertemuan (appointment).
  1. Melalui aplikasi online yaitu dengan cara mengunduh aplikasi online departmen imigrasi Hong Kong di Google Playstore (bagi pengguna smartphone android) dan Apple App Store (bagi pengguna smart phone Ios). Setalah di unduh cukup mengikuti petunjuk yang ditampilkan dalam aplikasi tersebut;
  2. Melalui telpon, booking dapat dilakukan dengan menghubungi nomor telpon +852 2121 1234, layanan ini tersedia 24 jam;
  3. Jika anda memerlukan bantuan tentang tata cara penggunaan layanan tersebut anda dapat menghubungi no telp +852 31288668 atau email ke enquiry@immd.gov.hk
[post_ads]
Anda dapat menentukan jadwal dalam rentang waktu 24 hari kerja ke depan, jadwal penggantian akan dilakukan berdasarkan kuota yang ditentukan di setiap pusat penggantian HK ID Card.

Jika anda tidak bisa memenuhi jadwal yang telah dibuat, maka anda dapat merubah jadwal itu minimal 1 hari sebelumnya. Harap diperhatikan jika informasi yang anda berikan salah pada saat pembuatan jadwal booking, maka permohonan anda akan dihapus secara otomatis.

Dokumen apa saja yang harus dibawa saat penggantian HK ID Card?
Anda hanya membawa HK ID Card lama anda, jika anda pemegang Hong Kong Permanent Identity Card, HK ID Card yang memiliki tanda “***” atau “*”, dan jika HK ID Card anda diterbitkan setelah 1 Januari 1999 dan terdapat tanda residen “R”.

Jika HK ID card anda tidak memiliki tanda-tanda diatas,  maka anda diwajibkan membawa HK ID Card, dokumen perjalanan atau paspor yang memperlihatkan status ijin tinggal anda di Hong Kong.

Kemana anda harus datang untuk memperbarui HK ID Card anda?

Silahkan klik disini untuk mengetahui lokasi-lokasi pusat penggantian HK ID Card.

Kapan jadwal pembaruan HK ID Card?

Pembaruan HK ID Card dilakukan berdasarkan tahun kelahiran, saat ini merupakan giliran mereka yang lahir pada tahun 1985-1986. Jadwal penggantian bagi mereka yang memiliki tahun kelahiran lainnya silahkan klik disini.

Apa saja yang harus diperhatikan saat mengganti HK ID Card anda? Siapa saja yang harus memperbarui HK ID Card?

Powered by Blogger.
close