loading...

SUARABMI.COM - Pekerja migran di Taiwan apabila diketahui dan telah terbukti positif terjangkit penyakit paru-paru basah (TBC), bukan hanya diharuskan pulang ke negara asal akan tetapi izin kerjanya bisa dicabut atau kena blacklist.

Apabila pekerja migran ingin kembali lagi bekerja ke Taiwan, semua berkas dan surat bukti bahwa penyakit TBC sudah sembuh juga dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan permohonan pengajuan visa kerja ke Taiwan.

Seperti dikutip oleh situs resmi imigrai Taiwan, beberapa hal yang menyebabkan pencabutan izin kerja bagi pekerja migran yang terkena TBC yaitu majikan tidak mengirimkan laporan hasil diagnosa dan dokumen lainnya ke Biro Kesehatan.

TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobacterium. Sebagian besar kuman ini memang menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai bagian tubuh lainnya yang dikenal dengan TBC paru-paru, TBC otak, TBC tulang, TBC usus, dan anggota tubuh lainnya. 

Sementara untuk penyebaran yang terjadi dari penderita TBC, dapat disebarkan melalui udara, batuk, flu dan pilek penderita TBC, bersin, dengan cipratan sedikit ludah pun dari penderita TBC, kamu bisa terkena virus tersebut.
[ads-post]
Penyakit TBC memang menular, namun tak secara langsung. Virus TBC memang ada dan tumbuh serta berkembang perlahan terutama ketika kamu menghabiskan banyak waktu di sekitar orang yang menderita TBC, lambat laun kamu bisa terserang tergantung dari kondisi kebersihan dan kesehatan tubuh masing-masing. Itulah mengapa TBC sering menyebar di antara rekan kerja, teman sepermainan, dan bahkan anggota keluarga sendiri.

Meski demikian, bukan berarti penderita TBC harus dikucilkan kok. Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar TBC tak menular. Diantaranya dengan:

- Tutupi saat batuk dan bersin
- Jangan meludah sembarangan
- Hindari menggunakan barang-barang pribadi secara bersama-sama
- Hindari kontak langsung dengan anak-anak
- Pisahkan peralatan makan Anda
- Menjemur perlengkapan tidur

Berikut sejumlah tanda dan gejala TB:
1. Batuk
2. Penurunan Berat Badan
3. Kelelahan
4. Demam
5. Panas dingin
6. Kehilangan nafsu makan
7. Urine yang Berubah Warna

Untuk mendiagnosis TBC, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, terutama pada paru/dada dan mungkin saja meminta pemeriksaan tambahan berupa foto rontgen dada, tes laboratorium untuk dahak dan darah, juga tes tuberkulin. Pengobatan TBC adalah pengobatan jangka panjang, biasanya selama 6-9 bulan dengan berbagai macam obat.

Jika Mengidap Penyakti TBC, TKI di Taiwan Akan Langsung Dideportasi - Kenali Gejalanya dan Cara Penularannya Berikut

Powered by Blogger.
close