loading...

SUARABMI.COM - Pekerja Kaburan Indonesia di Taiwan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Imigrasi KDEI Taipei sosialisasikan langkah ampuh yang wajib diketahui oleh Pekerja kaburan yang ingin balik ke Indonesia.

Berdasarkan data statistik keimigrasian Taiwan november 2018, jumlah pekerja kaburan Indonesia di Taiwan berjumlah 24.176 orang (9.02% dari jumlah PMI Taiwan), dimana terdiri dari sekitar 4.000 pria dan 20.000 wanita. Dikhawatirkan angka ini segera akan melampaui jumlah kaburan Vietnam di Taiwan.

Untuk mengantisipasi jumlah pertumbuhan pekerja Indonesia kaburan atau pekerja ilegal di Taiwan, KDEI Taipei melakukan berbagai upaya. Di awal tahun 2019 ini, Imigrasi KDEI Taipei meluncurkan program dikhususkan untuk pekerja ilegal Taiwan yang ingin pulang ke tanah air.

Banyak teman kaburan yang sangat takut dan tidak tahu berbuat apa ketika ingin pulang ke tanah air. Memang benar karena tindakan tersebut memang melanggar, yang bersangkutan akan tetap dikenakan denda dan bertanggungjawab atas hal yang dilakukan. Tapi bukan berarti tidak ada pintu maaf buat teman kaburan semua.

Nah, bagi sobat Nihao Indonesia yang kaburan yang sudah ingin pulang balik ke Indonesia, dibawah ini telah kami rangkum langkah-langkah prosedur yang harus dilakukan. Perhatikan dengan seksama yah.

1. Bayar Denda
Sobat Nihao yang ingin melakukan penyerahan diri boleh datang ke kantor Imigrasi Taiwan di wilayah manapun untuk melakukan registrasi Penyerahan Diri dan Membayar kewajiban denda sesuai peraturan Taiwan.
[ads-post]
2. Surat Penyerahan Diri dan SPLP
Setelah mendapatkan surat Penyerahan diri dari imigrasi Taiwan dan Penerbitan Dokumen Perjalanan (SPLP) ke Imigrasi Taipei. Pastikan berkas diri kamu dari imigrasi Taiwan mengenai penyerahan diri dan permohonan SPLP sudah dikirimkan oleh imigrasi Taiwan ke Imigrasi KDEI Taipei.

3. Pengambilan Foto/Sidik Jari di KDEI Taipei
Bila sudah mendapatkan informasi dari Kantor Imigrasi Taiwan terkait berkas diri kamu sudah dikirimkan ke Imigrasi KDEI Taipei, maka kamu boleh datang ke KDEI Taipei untuk proses pengambilan Foto/Sidik Jari di lantai 2 Pelayanan KDEI Taiepi untuk proses penerbitan SPLP.

4. Bawa Dokumen dari Imigrasi Taiwan
Saat datang ke KDEI Taipei, jangan lupa bawa fotokopi Surat Registrasi Penyerahan Diri dari kantor imigrasi Taiwan dan datang pada hari Senin – Jumat, pukul 09.00 s.d. 15.00 untuk proses pengambilan Foto/Sidik Jari.

5. Penerbitan SPLP Gratis
Penerbitan SPLP untuk Sobat Nihao yang akan dipulangkan ke Indonesia oleh Imigrasi Taiwan diberikan secara GRATIS.

6. Pengambilan Berkas SPLP
SPLP selesai 4 hari kerja terhitung mulai pengambilan foto/sidik jari dan akan dikirimkan ke Kantor Imigrasi yang meminta SPLP tersebut.

sumber: nihaoindo

Pekerja Kaburan Taiwan Wajib Tahu, 6 Langkah ini Sangat Ampuh

Diberdayakan oleh Blogger.
close