-----
loading...

====

Berteman

SUARABMI.COM - Nilai tukar rupiah menyentuh level 14.024 per dolar AS pada Senin (7/1) siang. Level ini merupakan yang terkuat sejak Juni tahun lalu.

Nilai tukar rupiah menguat tajam terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan di pasar spot, Senin (7/1) siang ini. Saat berita ini ditulis, rupiah berada di level 14.024 per dolar AS atau menguat 1,72% dibandingkan posisi penutupan pada perdagangan sebelumnya. Penguatan ini merupakan yang terbesar di antara mata uang Asia lainnya.

Penguatan nilai tukar rupiah imbas faktor global dan domestik. Faktor global yaitu melemahnya dolar AS terhadap sejumlah mata uang mitra dagang utama negeri Paman Sam. Hal itu tercermin dari DXY Indeks yang turun ke level 95 dari posisi 96-97 pada Desember hingga akhir pekan lalu.
[ads-post]
Pelemahan dolar AS tersebut terjadi di tengah beberapa isu global yaitu dimulainya negosiasi tatap muka antara delegasi AS dan Tongkok di Beijing. Selain itu, kekhawatiran akan perlambatan laju ekonomi AS yang membuat berkembangnya ekspektasi pelaku pasar bahwa tidak adanya kenaikan bunga acuan AS pada tahun ini.  

Imbas dari menguatnya rupiah ini juga dirasakan oleh banyak TKI dimana nilai tukar negara penempatan mereka seperti Hongkong dan Taiwan turun drastis hingga membuat para TKI enggan mengirimkan uangnya.

Di Hongkong kusr hari ini tercatat 1814 rupiah per dollar dan di Taiwan tercatat 455 rupiah per dollar.

Rupiah Perkasa, Dollar Hongkong dan Taiwan Klepek - Klepek, Uang Gaji Kiriman TKI Anjlok

Diberdayakan oleh Blogger.
close