loading...

SUARABMI.COM - Sejak dulu, mungkin salah satu pertanyaan yang sering menjadi bahan perbincangan yakni anjuran mengenai mandi. Apakah harus setiap hari atau tiga kali seminggu juga cukup?

"Alasan utama mandi adalah untuk membersihkan tubuh dari keringat, kulit mati, menghilangkan kotoran dan mencegah bau badan," kata Mary L Stevenson, dermatologis dari Ronald O Perelman Department of Dermatology, NYU Langone Health, dikutip dari SELF.

Menurut para ahli, mandi setiap hari ternyata tidak perlu bagi sebagian orang. Adanya 'keharusan' mandi setiap pagi atau 24 jam sekali lebih ke kebiasaan yang telah dilakukan sejak berpuluh tahun yang lalu.

dr Stevenson mengatakan, secara umum, kebanyakan orang hanya perlu mandi beberapa kali dalam seminggu atau dua sampai tiga kali seminggu.
[ads-post]
"Setiap dua atau tiga hari sekali. Ini benar-benar tergantung pada kebiasaan dan jenis tubuh seperti produksi keringat dan bau badan," tambah Melissa Piliang, dermatologis dari Cleveland Clinic.

Terlalu sering mandi ternyata dapat membuat minyak alami yang diproduksi dalam tubuh menjadi berkurang sehingga menjadikan tubuh lebih gampang kering dan iritasi. Penggunaan lulur mandi juga bisa menyebabkan goresan mikroskopis di lapisan luar kulit.

Tentu saja, mandi dua atau tiga kali seminggu sangat bergantung pada kondisi tubuh seseorang. Mereka yang memiliki badan berminyak, punya jerawat punggu atau masalah dengan keringat bahkan mandi dua kali sehari untuk menjaga kulit mereka tetap bersih atau mengindari bau badan.

Faktor lingkungan juga tentu sangat berpengaruh. Mandi tiap hari mungkin tidak diperlukan di daerah dengan iklim sejuk atau dingin, tetapi pasti jadi keharusan bagi yang tinggal di daerah tropis.

Bagaimana kalau menurut kamu, berapa kali idealnya mandi dalam sehari?

Tak Perlu Tiap Hari, Mandi Tiga Kali Seminggu Juga Cukup

Powered by Blogger.
close