loading...

SUARABMI.COM - Pahlawan devisa, ya itulah istilah atau gelar yang sering disematkan kepada mereka yang bekerja di luar negeri.

Namun gelar itu hanyalah sekedar gelar karena faktanya gelar yang indah itu tak dibarengi nasib yang indah yang mereka alami.

Perjuangan mereka di luar negeri sungguh luar biasa dan saya yakin apa yang mereka lakukan tak seorang pun pria sanggup melakukannya.

Bekerja 24 jam, tinggal sama majikan yang penuh pengawasan, majikan yang killer dengan porsi kerja yang amat sangat luar biasa ditambah sering dapat makanan sisa.

Ya, itulah yang sering dialami oleh para pejuang devisa wanita diluar negeri, seperti yang diceritakan oleh beberapa TKW berikut ini.

Sri'kitty Jofisa adalah salah satu TKW Taiwan yang sering dapat jatah makan sisa majikannya, ia sering dapat sisa - sisa tulang ayam dan lainnya untuk mengganjal perutnya.

"Ada yang punya majikan kayak saya. Kadang kala dikasih makan daging gede tapi dapetnya tulang semua, daging cuman sedikit, gak dikasih nasi/sayuran. Mau beli sendiri makannya tapi duit yang jadi kendala" Tutur TKW Taiwan yang tak pernah telat kirim duit ke Indonesia ini.
[ads-post]
Setali tiga uang juga di alami oleh Imah Wnsb, tuturnya, "Untung masih di kasih...ku mah boro,, yang capek masak yang motong tawarin pun gak...dah biasa"

Dialami juga oleh Yolan Anggryeni, "Saya ada pengalaman, dulu cuma dikasih ikan bagian kepalanya aja tanpa daging sama duri-durinya" Ungkapnya.

"Dulu aku cuma tinggal tulang sama durinya mbak, tetap  di syukuri.. maem sama kecap atau telur goreng dah knyang" Tutur Endang Ningrum

Dari pengakuan mereka yang tidak dapat ditulis satu per satu sudah jelas bahwa banyak pahlawan devisa yang hidupnya harus tirakat demi bisa mengirimkan uang ke tanah air.

So wahai suami dan keluarga, jagalah mereka, pergunakanlah uang mereka dengan bijak, hingga mereka tak perlu lama - lama berjuang di negeri orang. Agar mereka cepat pulang dan menjadi 'Ndoro juragan'.

Wahai Suami, Banyak Istrimu Diluar Negeri yang Makannya Seperti ini, Tulang dan Duri Sisa Majikannya

Powered by Blogger.
close