loading...

SUARABMI.COM - Sebanyak 70% pekerja rumah tangga migran (TKW) di Hong Kong bekerja lebih dari 13 jam sehari, menurut survei universitas.

Pusat Penelitian tentang Migrasi dan Mobilitas Departemen Sosiologi di Universitas Cina Hong Kong merilis hasil survei setelah membagikan kuesioner kepada 2.017 pekerja rumah tangga Filipina dan Indonesia dari bulan Mei hingga September tahun 2017.

Selain jam kerja yang panjang, hasil survei juga menemukan bahwa pekerja rumah tangga kurang sehat daripada penduduk Hong Kong. Skor untuk kesehatan fisik dan mental pekerja adalah 47,1 dan 44,7 pada 2018, dibandingkan dengan skor di antara orang dewasa Hong Kong masing-masing sebesar 51,8 dan 55,5.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa 44% pekerja rumah tangga tidak memiliki kamar pribadi, 6% tidak memiliki hari libur dalam seminggu dan 24% tidak memiliki hari libur di semua hari libur resmi. Sementara itu, sekitar 29% merasa didiskriminasi. Sebanyak 7,3% belum pernah menerima upah mereka, sementara 8% berpenghasilan lebih rendah dari upah bulanan menurut undang-undang. Yang mengkhawatirkan, 3,9% dilecehkan secara fisik oleh majikan mereka.
[ads-post]
Hasilnya menunjukkan bahwa kondisi pekerjaan untuk pekerja rumah tangga di Hong Kong tetap buruk. Profesor Raees Begum Baig mengatakan sifat langsung dari pekerjaan membuatnya sulit untuk menentukan jam kerja. Dia mendesak pemerintah untuk menetapkan jam kerja standar bagi pekerja rumah tangga.

Joan Tsui Hiu-tung, ketua Kelompok Dukungan untuk Pengusaha Hong Kong, mengatakan banyak orang Hong Kong yang perlu bekerja lebih dari 13 jam sehari. Sementara itu, tidak setiap orang lokal memiliki ruang tersendiri.

Tsui mengatakan kelompok itu juga menerima 50 permintaan bantuan dari majikan tahun ini, karena mereka mengklaim mereka dituduh secara salah oleh pekerja rumah tangga atas serangan tidak senonoh dan penyalahgunaan kompensasi.

Nah, wahai suami yang di Indonesia, tahukan jam kerja istrimu di Hongkong ternyata sangat killer. Oleh karenanya sayangilah mereka, perhatikanlah mereka dan jangan hanya menuntut kiriman mereka saja.

Wahai Suami, Ketahuilah Setiap 7 Dari 10 TKW Hongkong Bekerja Lebih Dari 13 Jam Sehari, Apakabar Kamu yang Dirumah?

Powered by Blogger.
close