-----
loading...

====

Berteman

SUARABMI.COM - Untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, kira-kira pepatah inilah yang menggambarkan kondisi sejumlah pekerja migran yang berstatus ilegal  atau kaburan yang tertangkap pihak kepolisian wilayah bagian selatan Taiwan.

Media TVBS melaporkan, pada tanggal 3 April 2019 lalu, pihak kepolisian distrik Pingtung berhasil membongkar kasus pekerja migran ilegal yang dipekerjakan secara sembunyi-sembunyi oleh seorang warga Taiwan bermarga Wu.

Tuan Wu dilaporkan menyembunyikan sebanyak 11 pekerja migran kaburan yang berasal dari Indonesia, Vietnam dan Filipina.

Zhou Fe jia, deputi kepolisian distrik Pingtung mengaku pihaknya cukup kaget dengan kasus ini. Awalnya petugas kepolisian menemukan sebuah truk yang bermuatan bahan linen yang tampak mencurigakan.
[ads-post]
Ketika diberhentikan oleh pihak berwenang, supir truk tersebut tampak ketakutan dan petugas mendengar suara gaduh dari bagian belakang truk.

Saat muatan truk dibongkar dan diturunkan, alangkah kagetnya petugas kepolisian distrik Pingtung menemukan tumpukkan manusia yang bersembunyi di antara tumpukkan barang di dalam truk tersebut.

Saat mereka diminta turun, jumlah seluruh pekerja migran yang bersembunyi di belakang truk berjumlah 13 orang.

Sebagian dari mereka mengaku bahwa mereka adalah pekerja migran kaburan yang melarikan diri dari majikan resmi dan memilih untuk bekerja serabutan secara ilegal di wilayah selatan Taiwan.

Kepada polisi mereka mengaku bahwa mereka bekerja di peternakan ayam hingga membantu tuan Wu di sebuah bengkel las di daerah Pingtung.

Untuk menghindari sergapan polisi, tuan Wu meminta para pekerja ilegal tersebut dipindahkan dari satu situs pekerja ke lokasi lainnya dengan disembunyikan di dalam truk barang, sehingga keberadaan mereka tidak terdeteksi oleh pihak kepolisian Taiwan.

Namun kini usai tertangkap tangan oleh pihak berwenang, para pekerja migran kaburan ini pun hanya bisa pasrah digiring ke badan imigrasi nasional (NIA) Taiwan untuk segera dipulangkan ke tanah air.

indogo

13 Pekerja Kaburan Taiwan Tercyduk di Pingtung Saat Bersembunyi di Bak Truk

Diberdayakan oleh Blogger.
close