loading...

SUARABMI.COM - Pemilihan umum diluar negeri dilaksanakan sejak tanggal 8 April hingga 14 April 2019 nanti, namun hingga saat ini masih banyak kesimpang siuran data pemilih yang tinggal duluar negeri.

Sebagaimana kita tahu, diluar negeri seperti Taiwan dan Hongkong, selain bisa memilih melalui TPS juga bisa memilih melalui surat post.

Dari pengakuan beberapa BMI khususnya di Taiwan, ada yang menerima 2 surat suara dihari yang berbeda dengan satu nama, adapula yang menerima dua surat suara dengan nama yang berbeda.

Dan tidak sedikit dari mereka yang menerima surat suara atas nama TKI lainnya yang nyasar ke alamat majikannya.

Menyikapi surat suara salah kirim, panwaslu luar negeri sebelumnya telah menghimbau kepada pemilih untuk memperbarui alamat melalui online, jadi jika salah kirim adalah kesalahan pemilih. "Karena sudah diberikan cukup waktu untuk meng-update alamat mereka" Kata Panwaslu.
[ads-post]
Namun terkait surat suara ganda, belum ada penjelasannya. Berikut adalah pengakuan beberapa BMI Taiwan melalui akun media sosialnya.

"Aku mendapat dua kartu hak pilij tapi kartu hak pilih yang baru tidak saya buka karena saya sudah memilih dikartu hak pilih yang pertama, bagaimana dengan anda?" Tulis Sacem Manohara Gambreng. Ia mengaku kalau keduanya adalah atas namanya dengan alamat yang sama juga.

"Dulu saya juga dapat dua kartu suara tapi saya pakai juga cuma satu dan tahun ini saya tidak dapat surat suara via post" Tulis Ayu Novia Putri.

Begitu juga dialami oleh Nike Ariany dimana ia mendapatdua kartu suara, "Aku malah dapat dua tapi namanya beda" Ungkapnya.

Siti Rohimah, salah satu TKW Taiwan juga mendapat dua kartu suara via post namun keduanya bukan atas namanya, "Aku dapat 2 tapi dua duanya bukan namaku" Tulisnya.

Hal inipun diperttanyakan sebagian besar BMI kenapa hal ini bisa terjadi, "KPU bagaimana ya, ada yang dapat double ada yang daftar dapatnya punya orang, ada yang daftar tapi nggak dapat dan ada yang tidak daftar tapi dapat" Tanya mereka.

Sementara di Hongkong sekitar 1700 surat suara lewat pos tak sampai ke tangan pemilih Hong Kong dan akhirnya dikembalikan ke PPLN yang berkantor sementara di KJRI Hong Kong di Causeway Bay.

Untuk mereka yang sudah memilih untuk nyoblos lewat pos tapi tidak mendapatkan surat suaranya, Chris memperingatkan, bukan berarti dapat datang ke TPS pada hari minggu, 14/4/2019 untuk nyoblos langsung.

Banyak BMI Taiwan Terima Surat Suara 2 Kali Via Post dan Banyak yang Salah Kirim, Salah Siapa?

Powered by Blogger.
close