loading...

SUARABMI.COM - Kementerian Tenaga Kerja (MOL) Taiwan mengatakan Selasa kemarin (9/4) bahwa peternakan sapi perah akan diizinkan untuk mempekerjakan hingga 400 pekerja migran dalam upaya membantu menyelesaikan masalah kekurangan tenaga kerja di sektor itu, mulai hari selasa kemarin. 

Hsueh Chien-chung (薛 鑑 忠), kepala seksi di Badan Pengembangan Tenaga Kerja kementerian, mengatakan bahwa peternakan sapi perah yang berkualitas dapat mempekerjakan pekerja migran sesuai dengan prosedur untuk merekrut pekerja lokal. 

Menurut MOL, peternakan sapi perah dengan minimal 80 ekor sapi yang saat ini mempekerjakan setidaknya empat pekerja peternakan lokal akan memenuhi syarat untuk melamar satu pekerja migran, dengan upah bulanan minimum NT $ 28.000 (12,8 Juta).

Selain itu, Taiwan juga akan mengizinkan hingga 450 pemuda Indonesia untuk bekerja di sektor pertanian setiap tahun di bawah program magang pertanian, dengan kelompok pertama yang terdiri dari 75 orang diperkirakan akan tiba pada bulan Mei, pejabat Dewan Pertanian (COA) resmi Su Meng-lan (蘇夢蘭) mengatakan, menambahkan bahwa 118 peternakan telah mengajukan permintaan setelah pengumuman program pada bulan Maret. 
[ads-post]
Rencana tersebut didasarkan pada sistem magang yang diterapkan oleh pemerintah Jepang yang memungkinkan perusahaan-perusahaan Jepang untuk menerima pekerja terampil asing dari negara berkembang untuk mengisi kesenjangan tenaga kerja, menurut COA. 

Langkah-langkah lain juga sedang direncanakan untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja pertanian Taiwan.

COA sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan asosiasi petani lokal untuk merekrut pekerja migran secara langsung, meskipun setiap asosiasi yang memilih untuk melakukannya terlebih dahulu harus melalui tinjauan oleh pejabat COA, pemerintah daerah dan para ahli, kata Su. 

COA mengadakan pertemuan pertama untuk membahas skema rekrutmen pada 28 Maret, rancangan rencana diharapkan akan selesai pada akhir April, menurut Su.

Yes, MOL Taiwan Restui Peternak Mempekerjakan TKI Dengan Gaji Minimal NT$ 28.000

Powered by Blogger.
close