loading...

SUARABMI.COM - Lebih dari 250 pasangan sesama jenis mendaftarkan diri untuk disahkan sebagai pasangan suami istri di lembaga urusan rumah tangga pemerintah di Taiwan setelah menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Kementerian Dalam Negeri (MOI) mulai memperbarui sistem pendaftaran rumah tangganya sebagai tanggapan atas disahkannya undang-undang tersebut pada Jumat sore.

Sebanyak 254 pasangan sesama jenis telah melakukan reservasi di berbagai kantor pendaftaran rumah tangga untuk mendaftarkan pernikahan mereka pada 7 Mei, sebelum pengesahan RUU itu, kata Chen, sebagai antisipasi bahwa mereka akan diizinkan untuk melanjutkan proses pada Mei 24.
[post_ads]
Terlepas dari hasil pemungutan suara Jumat, putusan Mahkamah Konstitusi pada 24 Mei 2017 yang menyatakan larangan pernikahan sesama jenis tidak konstitusional mengharuskan undang-undang untuk disahkan dalam waktu dua tahun untuk menjamin pasangan sesama jenis hak untuk kesetaraan pernikahan.

Jika tidak ada undang-undang seperti itu yang disahkan, pasangan sesama jenis akan diizinkan untuk mendaftarkan pernikahan mereka di bawah KUH Perdata yang ada sebagaimana berlaku untuk pasangan pasangan beda jenis pada 24 Mei 2019, menurut putusan tersebut.

Dengan berlakunya undang-undang baru, yang memungkinkan dua orang dari jenis kelamin yang sama, berusia 18 atau lebih, untuk mendaftarkan pernikahan, dengan setidaknya dua saksi menandatangani dokumen pendaftaran, pasangan sesama jenis diharapkan memiliki hak yang sama dengan pasangan beda jenis yang sudah menikah.
[post_ads_2]
Proses registrasi pernikahan juga akan sama, dan pasangan sesama jenis yang sudah menikah akan disebut sebagai "pasangan," tetapi mereka akan diidentifikasi sebagai pasangan "sesama jenis" dalam pendaftaran rumah tangga mereka.

Berdasarkan rencana MOI, item baru seperti pendaftaran perkawinan sesama jenis, pencabutan dan pemutusan hubungan kerja akan ditambahkan ke sistem pendaftaran rumah tangga.

Aturan Baru Disahkan, Sudah Lebih Dari 250 Pasangan Sejenis Mendaftar Nikah di Taiwan

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini