loading...

SUARABMI.COM - Uang bonus Long Service adalah sebuah hadiah atau Bonus yang akan kitadapatkan  dari majikan dimana kita bekerja jika kita mau bertahan bekerja pada majikan dalam jangka waktu tertentu.

Bagi kita para Buruh Migran yang bekerja di Hong Kong pasti sudah tidak asing lagi dengan bonus yang satu ini.

Namun,banyak dari kita malah tidak mengetahui bagaimana cara menghitungnya dan kapan kita layak mendapatkannya.

Situskartini.com banyak menerima puluhan  pertanyaan serupa mengenai uang bonus long service ini , kadang melalui SMS Whatsapp, inbox di Fanpage, dan bahkan  email. Tentu saja saya tak bisa menjawabnya satu per satu.

Pada kesempatan ini,kami akan saya berikan keterangan umum tentang uang bonus long service itu sendiri untuk Buruh Migran Indonesia yang bekerja di Hong Kong.
[ads-post]
Uang bonus long service adalah bonus kerja jangka panjang yang diberikan kepada pekerja dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Pekerja harus sudah bekerja dengan majikan selama 5 tahun atau lebih.
  2. Majikan tidak mau menyambung kontrak kerja bukan dengan alasan yang sah atau dengan alasan pekerja sudah tidak diperlukan lagi setelah pekerja bekerja 5 tahun atau lebih.
  3. Majikan memutuskan kontrak bukan dengan alasan yang sah atau dengan alasan tenaga pekerja sudah tidak diperlukan lagi. 
  4. Pekerja menderita sakit dan mendapatkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa pekerja sudah tidak sehat (fit) untuk melakukan pekerjaan.
  5. Pekerja sudah berumur 65 tahun atau lebih.
Kalau pekerja memenuhi persyaratan di atas, maka pekerja berhak untuk mendapatkan uang bonus long service.

Salah satu persyaratan untuk mendapatkan uang bonus long service adalah :
majikan yang tidak mau menyambung atau majikan yang memutuskan kontrak kerja. Kalau pekerja yang tidak mau menyambung kontrak atau memutuskan kontrak kerja, atau masing–masing pihak setuju untuk tidak menyambung kontrak atau memutuskan kontrak kerja, maka pekerja tidak berhak untuk mendapatkan uang bonus long service.

Perhitungan untuk uang bonus long service adalah: 3/2 x (dikalikan) gaji per bulan yang diterima x (dikalikan) lamanya waktu kerja.
Jadi, jumlah long service yang akan kita dapatkan adalah  :
Jika gaji kita 4.410 ( untuk tahun 2019 ) 

  • 2/3 x HK$4410 x 5 tahun = HK $14,700 
  • 2/3 x HK$4410 x 6 tahun = HK $17.640 
  • 2/3 x HK$4410 x 7 tahun = HK $20,580  

Download surat edaran resmi dari Hong Kong Goverment DISINI

situskartini

Berapa dan kapan Buruh Migran di Hong Kong mendapatkan Uang bonus Long Service

Powered by Blogger.
close