loading...

SUARABMI.COM - Seorang TKW Hongkong dipaksa majikannya untuk membersihkan jedela bagian luar apartemen majikannya dilantai 19 padahal dalam kondisi sakit pusing.

Tak bisa menolak karena majikan 'killer', TKW asal Filiphina tersebut menurut saja namun ia memviodakan pekerjaannya sebagai bukti akan apa yang disuruh oleh majikannya.

Lantas menjadikan video itu sebagai bukti pelaporan atas dugaan penyalahgunaan terhadap tenaga kerja migran.

Asisten Atase Tenaga Kerja Antonio R. Villafuerte mengatakan Nerie R. Mier mengajukan kasus di Pengadilan Buruh terhadap majikannya, G. Ip, setelah istrinya diduga memaksa pekerja itu membersihkan jendela rumah.

Hong Kong pada 2017 melarang praktik pekerja rumah tangga asing membersihkan jendela apartemen bertingkat tinggi dari luar.
[ads-post]
Dalam pernyataan tertulisnya, Mier mengatakan dia takut melakukannya tetapi tidak bisa menolak karena dia mungkin kehilangan pekerjaannya.

"Saya (tidak) punya pilihan karena saya masih baru dan saya takut akan diputus kontrak secepat ini" katanya.

Mier mengatakan dia kemudian mengirim video itu di teleponnya kepada suaminya, yang mengirimkannya ke Kantor Tenaga Kerja Luar Negeri Filipina (POLO), yang melaporkan kasus itu ke Departemen Tenaga Kerja. Majikannya memutuskan kontraknya pada 26 Februari, kata Villafuerte.

“Seharusnya tidak ada lagi pembersihan jendela (dari luar untuk FDH),” kata Villafuerte.

Dia mengatakan majikan laki-laki Mier tidak menghadiri sidang terakhir di Pengadilan Perburuhan dan karenanya kasus itu ditunda hingga 21 Juni.

Sedang Sakit, TKW Hongkong Ini Dipaksa Majikannya Memberishkan Jendela Luar Lantai 19, Begini Akhirnya Nasib Majikannya

Powered by Blogger.
close