loading...

SUARABMI.COM - Memasuki awal pekan, nilai tukar Rupiah terhadap uang asing kembali menguat signifika dikisaran 79 poin atau 0,56 persen.

Penguatan Rupiah atas mata uang asing ini dipengaruhi oleh sentimen positif dari eksternal dan internal. Termasuk pascarepertemuan antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Sabtu (13/7/2019) lalu.  

Sebagaimana diketahui, Presiden terpilih Joko Widodo bertemu dengan Prabowo Subianto pada pekan lalu. Hal itu menandai bersatunya kembali pihak-pihak yang bertikai selama pilpres 2019.
[post_ads]
Terlihat beberapa BMI mengeluh dimedia sosial atas hal ini, dimana banyak BMI menunda mengirimkan uangnya ke Indonesia dan tiba - tiba hari ini kurs turun drastis.

Di Taiwan sendiri kurs hanya tingga 446 rupiah per dollar Taiwan dimana sebelumnya dimana pada 9 Juli kemarin kurs masih berada dikisaran 490 per dollar.

Sementara di Hongkong, kurs masih tetap relatif stabil walaupun hari ini juga ada penurunan sedikit dibanding hari hari sebelumnya.

Begitu juga dengan Singapura, berada pada garis seperti dollar Taiwan, SGD mengalami penurunan yang signifikan, dimana pada 9 Juli kemarin berada pada 11.300 per dollar dan hari ini berada pada 10.300 per dollar.

Begitu juga sejalan dengan Taiwan dan Singapura, Malaysia juga mengalaminya, dimana 9 Juli kurs masih tercatat 3.700 per dollar dan hari ini tinggal 3.300 per dollar.
[post_ads_2]
Pengamat Ekonomi INDEF, Bhima Yudhistira mengatakan, penguatan rupiah ini merupakan salah satu efek dari rekonsiliasi yang terjadi usai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Khususnya setelah kedua kandidat calon presiden yang bertarung yaitu Jokowi dan Prabowo Subianto bertemu di MRT Jakarta, pada Sabtu pekan lalu.

"Betul, (efek dari pertemuan Jokowi-Prabowo). Salah satunya dari dalam negeri ada harapan rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo bisa membawa stabilitas politik dalam 5 tahun kedepan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Akankah rupiah semakin menguat atau akan kembali turun? 

Efek Jokowi Prabowo Akur, Rupiah Menguat, Banyak BMI Nyesel Nggak Kirim Uang Kemarin - Kemarin Karena Kurs Dollar Anjlok

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini