loading...

SUARABMI.COM - Polisi berhasil menahan seorang lelaki Indonesia karena dicurigai menjadi dalang dalam kegiatan membawa masuk dan keluar TKI tanpa izin (PATI) di perairan Batu Pahat, Jumat lalu.

Ketua Polisi Daerah Batu Pahat, Asisten Komisioner Azhan Abdul Halim mengatakan, tersangka yang berusia 60-an itu ditahan di Jalan Syahbandar hasil penyelidikan yang dilakukan terhadap sindikat Perdagangan orang yang pernah ditangkap sebelum ini.
[post_ads]
"Kami percaya dengan tertangkapnya tersangka, polisi telah dapat mematahkan satu sindikat penyelundupan migran yang aktif di daerah ini dan hasil penyelidikan lebih lanjut menemukan tersangka berperan sebagai 'tekong laut' dalam sindikat tersebut.

Sebelum ini, sebanyak tujuh seri tangkapan telah dilakukan terhadap anggota kelompok ini dan masing-masing telah dituduh di pengadilan dan kami akan terus memerangi kegiatan ink agar ketenteraman dan keamanan negara terjamin," katanya dalam satu pernyataan, hari ini.

Menurutnya, kasus diselidiki di bawah Bagian 26A UU Perdagangan Orang dan Penyelundupan Migran (ATIPSOM) 2007 yang mengalokasikan hukuman penjara tidak melebihi 15 tahun dan juga dapat didenda atau keduanya jika terbukti bersalah.
[post_ads_2]
Dia mengatakan orang-orang, terutama mereka yang tinggal di pantai atau nelayan, diingatkan untuk tidak terlibat dalam segala bentuk kegiatan untuk membawa dan berimigrasi orang asing dan tidak mengungkapkan informasi apa pun tentang kegiatan kriminal ini.

"Anggota masyarakat yang memiliki informasi mengenai kegiatan ini atau bentuk kejahatan lainnya dapat memberikan informasi dengan menghubungi Pusat Kontrol Distrik di 07-4343999 atau di dekat kantor polisi," katanya.

berita harian

Menjadi Dalang Pengiriman TKI Ilegal, Pria Ini Dibekuk Polisi di Luar Negeri dan Terancam 15 Tahun Penjara

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini