loading...

SUARABMI.COM - Kementerian Pertahanan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dari Republik Rakyat China mengeluarkan pernyataan bahwa Beijing saat ini tengah mengawasi kondisi yang berkembang di Hong Kong dan bisa menurunkan bala tentara untuk menjaga ketertiban, jika diperlukan.

“Kami telah memantau perkembangan yang terjadi di Hong Kong, terutama tentang protes dan kekerasan pada 21 Juli, dan juga penggrebekan masuk ke kantor-kantor pemerintah. Kantor Urusan Hong Kong dan Macau telah memberikan respon sebelumnya bahwa tidaklah bisa diterima untuk siapapun menantang otoritas negara dan prinsip Satu Negara Dua Sistem,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Republik Rakyat China Wu Qian lewat konferensi pers, Rabu, 24/7/2019.
[ads-post]
Wu Qian menyatakan Artikel 14 dari Bab 3 Hukum Garnisun China membolehkan PLA untuk turun ke Hong Kong melakukan penertiban jika memang dirasa perlu.

Artikel 14 menyatakan Pemerintah daerah khusus seperti Hong Kong dapat meminta bantuan pengiriman tentara ke Hong Kong untuk menjaga ketertiban publik jika perlu. Namun, kata Wu, hal ini bukan berarti PLA sudah pasti akan melakukannya.

Media-media Hong Kong melaporkan, Wu menolak menerima pertanyaan dari para reporter setelah mengumumkan pernyataan resmi Pemerintah RRC tersebut. | suaraHK

Meradang Dengan Kondisi Hongkong, Beijing Siap Turunkan Pasukannya Untuk Menghalau Demonstran dan Meredam Keonaran

Powered by Blogger.
close