loading...

SUARABMI.COM - Sebuah sistem yang menyediakan informasi kepada pekerja migran mengenai aplikasi untuk mengganti majikan atau mencari pekerjaan baru sekarang akan tersedia dalam lima bahasa, kata Kementerian Tenaga Kerja Senin. 

Badan Pengembangan Tenaga Kerja kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa situs webnya sekarang akan memberikan informasi dalam bahasa Inggris, Indonesia, Vietnam dan Thailand selain bahasa Cina, yang sudah tersedia. 

Situs ini akan menyediakan bagi para pekerja migran, majikan asli dan majikan baru informasi tentang transfer dan pengambilalihan kontrak kerja, dan membantu migran memeriksa status aplikasi untuk mengganti majikan dan menemukan kecocokan untuk pekerjaan baru.

Dengan lebih banyak bahasa yang tersedia, pekerja asing dapat mengakses sistem dalam bahasa asli mereka dan mencari status transfer pekerjaan mereka dengan memasukkan nomor paspor mereka, menurut agen tersebut.
[ads-post]
Beberapa tahapan cara mengecek prosesnya sebagai berikut:

1. Pertama klik link berikut dan ikuti petunjuknya: https://fw.wda.gov.tw/wda-employer

2. Pilih menu bahasa Indonesia.
Setelah link dibuka akan muncul laman website Workforce Development Agency ( WDA). Disitu ada beberapa pilihan bahasa, pilihlah menu bahasa Indonesia yang ditandai dengan gambar laki-laki menggunakan kopiah.

3. Pada tahap ini, akan terlihat beberapa menu pilihan yang disediakan di website WDA. Untuk mengecek proses pergantian majikan, maka pilih menu yang bertuliskan pemeriksaan.

4. Pengecekan data. Di halaman ini ada beberapa kategori proses pergantian majikan. Pilih sesuai dengan proses yang sedang anda jalani

5. Masukkan nomor paspor yang berlaku. Pada halaman ini tersedia kolom pengisian nomor paspor. Setelah itu tekan "cari".

6. Akan terlihat hasilnya. 
Di situ akan tertulis apakah proses pergantian majikan anda "sudah terdaftar" atau "sudah dicabut" atau "tidak didaftarkan".

Dengan demikian pekerja migran yang sedang proses pindah majikan akan mengetahui sampai dimana prosesnya.

Perlu diingat, masa tunggu proses pergantian majikan paling lama 60 hari. Jika dua minggu sebelum masa tunggu habis maka pekerja migran harus siap-siap pulang ke negara asal.

Pindah Majikan dan Cari Job Baru di Taiwan Makin Mudah Karena Dokumennya dan Websitenya Sudah Tersedia Bahasa Indonesia, Begini Caranya

Powered by Blogger.
close