loading...

SUARABMI.COM - Seorang petugas kepolisian Hsinchu bernama Chen Chongwen merupakan seorang perwira polisi, Ia dinyatakan sebagai pelaku penembakan senjata api yang menyebabkan tewasnya seorang pekerja migran asal Vietnam berstatus kaburan. 

Dinilai bersikap tak wajar dalam menggunakan senjata api saat meringkus seorang pekerja migran ilegal di wilayah Taiwan, Chen dikenakan sanksi berupa 8 bulan kurungan penjara dan diskors selama 3 tahun.

Kelompok "anti-narkoba" menyatakan solidaritas di luar pengadilan dan percaya bahwa Chen harus dibebaskan.  Pelaku diketahui melepas 9 kali dalam tempo 12 detik yang menyebabkan  hilangnya nyawa pekerja migran asal Vietnam.

Menurut hasil laporan keluarga, Chen sudah menempuh langkah mediasi dengan keluarga korban.  Akan tetapi keluarga korban tidak hanya  menolak, melainkan juga tidak menerima hasil persidangan yang memvonis Chen dengan tuntutan yang ringan, hingga memutuskan menempuh langkah banding.
[ads-post]
Setelah persidangan Pengadilan Distrik Hsinchu, yang menganggap bahwa hukuman yang dijatuhkan untuk Chen tidak tepat dan tidak berdasar.

Hasil penyelidikan internal dari Departemen Kepolisian Hsinchu juga membuat keputusan yang sama. Pihak perguruan sekolah tinggi kepolisian mengatakan bahwa kasus ini disebabkan oleh seorang pria yang menyerang dan menentang dalam proses penangkapan.

Sementara Chen Chongwen adalah seorang perwira polisi. Pada saat kejadian, dia baru berusia 22 tahun. Dia tidak memiliki kemampuan dan pengalaman untuk menghadapi keadaan darurat.

Rekan sejawat Chen melalui Departemen Kepolisian dan Kantor Polisi Hsinchu menyatakan rasa hormat atas putusan tersebut.

Departemen Kepolisian menekankan bahwa pekerjaan polisi sangat berbahaya dan tidak pernah diketahui kapan seseorang melakukan penyerangan.

Akan tetapi,  pihak kepolisi dari Kantor Polisi Zhubei menyatakan  bahwa Chen dijatuhi hukuman pada bulan  Agustus, yang tampaknya terlalu berat, dan juga memiliki efek mengerikan bagi seorang polisi muda.

Tangkap Pekerja Kaburan Menggunakan Senjata Api Hingga Menewaskannya, Seorang Polisi Taiwan Dipenjara 8 Bulan dan Diskors 3 Tahun

Powered by Blogger.
close