loading...

SUARABMI.COM - Lima orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dan seorang Taiwan yang merupakan kapten kapal hilang di laut setelah sebuah kapal ditemukan terbalik di perairan dekat Kepulauan Diaoyutai oleh penjaga pantai, Rabu (8/8/2019). 

Menurut pemilik kapal Kapal Chuan Yi Tsai No. 1 (全 億 財 一號) yang terdaftar di Yilan, kapal tersebut meninggalkan Pelabuhan Wushi, Yilan, Taiwan timur laut pada 2 Agustus menuju perairan lepas pantai timur Taiwan.

Kapal semula dijadwalkan kembali pada 4 Agustus, akan tetapi sudah tidak ada kontak sejak Selasa jam 1 siang.

Lokasi terakhir kapal yang diketahui 19 mil laut di sebelah timur Suao Township, Yilan. 
Ada enam orang di atas kapal, kapten kapal yang bermarga Lai (賴), 66 tahun dan lima awak asal Indonesia.
[ads-post]
Sebagaimana dilansir CNA, Rabu (8/8), Coast Guard Administration (CGA) Taiwan dan rekan dari Jepang mengirim kapal dan helikopter guna memberikan bantuan mencari kapal yang hilang. 
Setelah mendapat informasi dari penjaga pantai Jepang, pada Rabu sekitar jam 07.00, kapal patroli CGA menemukan dua kapal penangkap ikan terbalik dan mengapung di perairan dekat Kepulauan Diaoyutai.

Meskipun kapal patroli tidak dapat mengkonfirmasi apakah kapal terbalik tersebut adalah Chuan Yi Tsai No. 1, karena visibilitas yang buruk, sebuah jaket pelampung yang terdapat tulisan nama kapal itu sebelumnya ditemukan di tempat kejadian. 

Kapal CGA harus meninggalkan tempat karena angin kencang dan ombak laut yang keras karena adanya Topan Lekima mendekat. Misi pencarian dan penyelamatan akan dilanjutkan segera setelah cuaca memungkinkan.

CNA, liputanBMI

Kapal Terbalik, Lima TKI ABK Indonesia di Taiwan dan Seorang Kapten Dinyatakan Hilang

Powered by Blogger.
close