loading...


SUARABMI.COM - Insiden kebakaran pabrik dilaporkan kembali melanda sebuah pabrik Siyuan Yanhua yang terletak di desa Longsheng, Kotapraja Jianqiao, Kabupaten Miaoli, wilayah bagian barat Taiwan.

Hasil investigasi pihak kepolisian menyebutkan bahwa peristiwa tak terduga ini tampaknya dipicu oleh kelalaian seorang pekerja migran asing yang bekerja di pabrik tersebut.

Laporan China Times menyebutkan, seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Thailand diduga tidak sengaja menyalakan api saat tengah mengisi bubuk mesiu kembang api.

Akibatnya ledakan dan kebakaran pabrik pun terjadi pada hari Senin (19/08/2019) pagi yang menyebabkan 2 TKW menderita luka bakar dan segera dikirim ke rumah sakit terdekat.

Salah seorang pekerja migran yang cedera yang dilarikan ke rumah sakit dikabarkan menderita luka-luka serius yang mengancam keselamatan jiwa.

Pabrik ini memang terkenal selama puluhan tahun telah memproduksi sejumlah bahan peledak dan salah satu pabrik kroteknik yang berjaya di kawasan barat Taiwan.

Baru-baru ini pabrik tersebut menangani sejumlah pemesanan kembang api yang dikemas dan dibuat sendiri yang ternyata dikerjakan oleh tiga orang tenaga kerja wanita yang semuanya adalah pekerja migran asing.
[ads-post]
Saat sedang mengisi bubuk mesiu ke dalam kemasan kembang api, seorang TKW asal Thailand berusia 46 tahun dikabarkan tidak sengaja menggosok tangannya ke lantai.

Hal ini menyebabkan timbulnya percikkan api akibat gesekkan yang terjadi hingga mencederai wajah korban. TKW tersebut juga menderita luka bakar serius di bagian lengannya akibat insiden ini.

Kobaran api dengan cepat menyebar hingga membuat salah seorang tenaga kerja wanita asal Indonesia (TKI) berusia 23 tahun panik dan tidak sengaja terjatuh hingga kakinya keseleo.

Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Miaoli dilaporkan mengirim 5 tim untuk menyelamatkan korban dan memadamkan api di lokasi kejadian.

Saat petugas pemadam kebakaran gelombang pertama tiba, api masih menyala dan pihaknya segera menyemburkan air dengan cepat untuk menaklukkan si jago merah.

Dua pekerja migran wanita dikirim ke rumah sakit untuk perawatan darurat. Para TKW tersebut dikabarkan menderita luka yang cukup parah, dimana sekitar 32% dari seluruh tubuh mereka terbakar.

Akibat cedera yang mengancam keselamatan jiwa, korban menjalani perawatan intubasi pertama di rumah sakit terdekat dan kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Tong Taichung untuk mengambil alih perawatan intensif.

Api akhirnya berhasil dipadamkan setelah 35 menit api berkobar di lokasi pabrik. Hal ini menyebabkan sekitar 50 meter persegi bangunan pabrik dan bahan-bahan pabrik lainnya hancur tak berkeping.

Untungnya, tidak ada banyak penyimpanan bubuk mesiu di gudang pabrik saat insiden ini berlangsung. Namun pihak berwajib masih terus menyelidiki kasus ini untuk mengungkap penyebab pasti dari insiden kebakaran yang tak terduga tersebut.

[ 自由時報電子報, China Times, Ingodo]

Kebakaran Dahsyat Lahap Pabrik Di Miaoli, 2 TKW Alami Cedera Serius

Powered by Blogger.
close