loading...

SUARABMI.COM - Pinggiran Badai Tropis Podul akan membawa hujan ke Taiwan selama tiga hari ke depan, sementara topan baru dapat terbentuk pada Senin (2 September) nanti yang akan menuju Taiwan langsung, menurut Biro Cuaca Pusat (CWB).

Badai Tropis Podul, badai tropis ke-12 tahun ini, terbentuk pada hari Selasa (27 Agustus), telah membesar di pulau Luzon, Filipina utara, dan sekarang terletak di Laut Cina Selatan. CWB memperkirakan bahwa, meskipun Podul tidak akan memiliki dampak langsung pada Taiwan, pinggiran badai tropis diperkirakan akan membawa hujan ke Taiwan selama tiga hari ke depan.

Wu Der-rong (吳德榮), seorang asisten profesor ilmu atmosfer di Universitas Pusat Nasional, mengatakan hari ini (28 Agustus) bahwa Podul akan pindah ke Vietnam utara tanpa mempengaruhi Taiwan secara langsung. Wu mengatakan bahwa model cuaca terbaru menunjukkan tanda-tanda gangguan tropis yang berkembang di Laut Cina Selatan pada hari Senin.
[ads-post]
Peramal Risiko Cuaca Lai Chung-wei (賴忠瑋) juga menunjukkan bahwa zona bertekanan rendah dapat terbentuk di Laut Cina Selatan minggu depan. Awal pekan depan, area bertekanan rendah dapat dengan cepat mengakumulasi kelembaban, kata Lai.

Lai mengatakan bahwa jika sistem tekanan rendah cukup besar, itu bisa membawa angin selatan dan kelembaban ke Taiwan. Lai mengatakan bahwa dengan Tinggi Pasifik Subtropis Barat (WPSH) sedikit mundur ke arah timur, awan konvektif lebih cenderung membentuk dan mempengaruhi cuaca di sekitar Taiwan.

CWB mengatakan bahwa karena pengaruh pinggiran Tropis Badai Podul, hujan dan badai mungkin sepanjang hari di Hualien, Taitung, dan Semenanjung Hengchun pada Kamis (29 Agustus). Pada hari Jumat dan Sabtu (30 Agustus dan 31 Agustus), petak besar Taiwan kemungkinan akan melihat hujan.

Dari Jumat hingga Sabtu, curah hujan kemungkinan terjadi di Taiwan selatan dan timur, sementara hujan lebat dapat terjadi di Taiwan tengah pada sore hari, menurut CWB. CWB memperkirakan bahwa badai tropis ke-13 tahun ini, Lingling, kemungkinan akan terbentuk awal minggu depan, tetapi diperlukan lebih banyak pengamatan untuk dapat memperkirakan cakupan dan dampaknya.

Pinggiran Tropical Storm Podul membawa hujan 3 hari ke Taiwan

Powered by Blogger.
close