loading...

SUARABMI.COM - Biro Cuaca Pusat (CWB) Taiwan mengeluarkan peringatan laut untuk Topan Lekima pada pukul 5:30 sore hari ini (7 Agustus) saat badai terus menguat dan menuju ke perairan di lepas pantai Taiwan utara.

Menurut data CWB terbaru, Topan Lekima terletak 740 kilometer timur-tenggara ujung selatan Eluanbi Taiwan dan bergerak barat laut dengan kecepatan 15 kilometer per jam (kpj). Badai ini memiliki radius 220 kilometer dan mengepakkan angin berkelanjutan maksimum 136 kpj dengan hembusan hingga 172 kpj, menurut data CWB.

Pada pukul 5:30 sore hari ini, CWB mengeluarkan peringatan laut untuk Kanal Bashi timur, laut utara Taiwan, laut timur laut Taiwan, dan laut tenggara Taiwan. Karena kondisi yang cocok untuk pengembangan topan lebih lanjut, Lekima dapat mendekati Taiwan dengan intensitas maksimumnya.

Saat ini diperkirakan bahwa Lekima akan mencapai tingkat intensitas topan dari badai Kategori 3. Ketika badai paling dekat dengan Taiwan, radiusnya bisa mencapai 250 kilometer.
[ads-post]
Karena kecepatan lambat Lekima, itu hanya bergerak 94 kilometer sejak jam 8 pagi ini. Oleh karena itu, peringatan laut, yang semula dijadwalkan pada pukul 2.30 siang, harus diundur hingga pukul 5.30 sore oleh CWB, sementara peringatan darat akan dirilis di beberapa titik Kamis pagi dini hari (8 Agustus).

Pada hari Kamis, saat topan mendekat, akan ada banyak angin dan hujan di Taiwan utara dan timur. CWB memperkirakan bahwa akan ada hujan lebat atau hujan lebat di Taiwan utara dan timur, sementara Taiwan tengah dan selatan akan melihat cuaca yang sedikit lebih ringan dalam bentuk hujan ringan dan badai petir yang tersebar.

Taiwan akan merasakan intensitas maksimum Lekima pada hari Jumat (9 Agustus), ketika Taiwan barat dan Yilan akan menanggung beban angin yang kencang. Biro CWB memperkirakan bahwa hujan lebat akan turun di seluruh Taiwan pada hari Jumat.

Pada hari Sabtu (10 Agustus), topan akan bergeser ke utara karena mulai melambat. Namun, CWB mengingatkan penduduk bahwa masih ada hujan lebat atau hujan lebat di Taiwan barat, tengah, dan selatan pada hari Sabtu.

Taiwan Sudah Keluarkan Peringatan Laut Untuk Badai Lekima, Besuk Diprediksi Sampai Daratan Taiwan Hingga Jum'at, Sabtu Diprediksi Masih Ada Hujan Lebat

Powered by Blogger.
close