loading...

SUARABMI.COM - Badai Topan ke 11 tahun ini, Bailu telah terbentuk sejak tanggal 21 Agustus 2019 kemarin. Badai ini sejatinya terus mengarah ke sisi barat, bagian barat daya. 

Berbagai pusat perkiraan cuaca pun mengumumkan bahwa badai ini akan melalui Taiwan dari arah timur dan terus bergerak ke bagian tengah Taiwan, kemudian mengarah ke Tiongkok daratan. 

Pusat Perkiraan Cuaca (CWB) Taiwan pun menyatakan, besok (23 Agustus) akan ada pengumuman peringatan darat dan laut, terkait dengan kedatangan badai tersebut.

Berdasarkan observasi dari CWB, pusat Topan Bailu saat ini berada di 16,3 derajat lintang utara dan 129,5 derajat lintang timur, sekitar 1190 km sisi tenggara dengan kecepatan 12 km/jam dan terus bergerak ke arah barat laut. 
[ads-post]
Dalam 6 jam terakhir, topan ini secara perlahan intensitasnya terus meningkat dengan pusat tekanan sebesar 995 hectopascal, dengan kecepatan angin yang terus meningkat hingga 20 meter/detik. 

CWB menyatakan bahwa tekanan udara di Samudera Pasifik saat ini terus meningkat bersamaan dengan kedatangan Bailu, oleh karena itu kemungkinan badai ini datang ‘menyapa’ Taiwan pun cukup tinggi. 

Jika arah dan kecepatannya tidak berkurang, maka pemerintah pun bersiap untuk mengumumkan “sea and land warning” (peringatan dini di laut dan darat terkait badai) setelah malam ini. Berdasarkan pengamatan, Topan Bailu akan datang ke Taiwan di Hari Sabtu dengan kekuatan batas atas badai ringan.

Ahli meteorologi Peng Qiming (彭啟明) menyatakan bahwa saat ini tekanan udara tinggi terus terjadi sehingga aliran udara Topan Bailu pun semakin menguat untuk mengarah ke Taiwan. 

Badai ini kemungkinan besar akan datang dan masuk ke daratan Pulau Taiwan di Hari Sabtu dengan lokasi pusat di Yilan hingga Taitung, namun kepastiannya baru akan diketahui besok.

Di Hari Sabtu nanti, daerah utara akan mendapat hujan dan angin, sementara daerah tengah dan selatan diprediksi hujan deras, terkhususnya di area pegunungan. Kemungkinan besar hujan deras disertai angin akan terjadi di Hari Sabtu malam hingga Minggu pagi. 

Dengan keadaan dimana sirkulasi awan secara keseluruhan kemungkinan juga akan tertutup, maka daerah selatan wajib lebih waspada terkait perkembangan hujan yang mungkin terjadi. 

Hari Minggu, Bailu akan bergerak menuju Fujian, sehingga cuaca di Taiwan pun akan kembali panas dan cerah, seperti musim panas pada umumnya.

nihaoindo

Waspada Hujan Deras, Hari Sabtu Topan Bailu akan Mencapai Taiwan

Powered by Blogger.
close