loading...

SUARABMI.COM - Kementerian Perdagangan mengajak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di Taiwan kembali ke Indonesia untuk membangun usaha waralaba.

Sekretaris Jenderal Kemendag Karyanto Suprih mengatakan, jumlah TKI di Taiwan cukup banyak dan memiliki kemampuan mengembangkan waralaba.

"Di Taiwan ada 200 ribu tenaga kerja yang bagus jadi para pelaku usaha baru dengan kembali ke Tanah Air," ujarnya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Kemendag, lanjut Karyanto, akan memfasilitasi mereka dengan menggandeng pelaku usaha waralaba dan perbankan.
[ads-post]
"Sehingga mereka tidak lagi jadi tenaga kerja, tapi bisnis di kampung halamannya, kami fasilitasi mereka untuk berlatih bersama," katanya.

Menurutnya, pertumbuhan pelaku usaha waralaba saat ini luar biasa sangat diminati karena model bisnis jenis ini tidak perlu memulai benar-benar dari nol bagi para pemula.

Disisi lain ia menambahkan, juga akan ada perizinan yang disederhanakan melalui revisi supaya bisnis waralaba di Indonesia bisa berkembang lebih pesat.

"Kalau ada yang perlu kita ubah, kita ubah, jadi salah satu bentuk simplifikasi perizinan di bisnis waralaba di Indonesia," ujarnya. | tribunnews

TKI di Taiwan Diminta Kementerian Perdagangan RI untuk Pulang ke Indonesia, Bangun Usaha Waralaba dan Akan Difasilitasi

Powered by Blogger.
close