SUARABMI.COM - Dewan Konsumen Hong Kong (Consumen Council) hari ini (15/10/2019) mengumumkan 15 merk bumbu instan yang memiliki kandungan berbahaya bagi manusia jika mengkonsumsinya.

Sebelumnya, Dewan Konsumen telah melakukan uji terhadap 44 merk bumbu instan yang beredar di pasar Hong Kong.

Dalam hasil analisa labolatorium yang mereka lakukan, 15 merk tersebut dinyatakan positif mengandung aflatoksin atau oratratoksin tipe A . Lima belas merk yang disebut dalam publikasi mereka dinyatakan berbahaya dikonsumsi lantaran, tidak memerlukan waktu lama, dengan mengkonsumsi dalam waktu singkat saja bisa mengakibatkan kanker, gangguan janin, gangguan kesuburan dan beberapa kanker lainnya.
[ads-post]
15 merk tersebut dapat dicermati dalam tabel berikut ini :

Disamping itu, ada pula 18 merk yang memiliki kandungan aflatoksin oratratoksin tipe B dengan kandungan membahayakan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk yang kategori B tersebut terdapat kandungan aflatoksin oratratoksin sebanyak 5 mikrogram dalam setiap 100 kilogramnya.

Pada kategori tersebut, Dewan Konsumen memperingatkan, jika kategori B dikonsumsi secara berlebihan, dampak menjadi karsinogen atau pemicu kanker juga akan bisa terjadi. Namun jika dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan, dampak karsinogen bisa diantisipasi atau lemah karena kandungan nutrisi/mineral yang dikonsumsi tubuh lainnya.

18 Merk yang dimaksud bisa disimak dalam tabel berikut ini :


sumber

Beredar di Hong Kong, 15 Bumbu Instan Berikut Mengandung Karsinogen Atau Penyebab Kanker

Diberdayakan oleh Blogger.
close