-----
loading...

====

Berteman

SUARABMI.COM - Kementerian Tenaga Kerja (MOL) pada hari Rabu kemarin mengumpulkan antara kelompok pekerja dengan agen tenaga kerja untuk menyelesaikan masalah antara mereka mengenai biaya layanan untuk pekerja migran yang ingin perpanjang kontrak setelah tiga tahun di Taiwan.

Pada pertemuan itu, kementerian tenaga kerja mengatakan para agensi tidak diperbolehkan membebankan biaya penempatan kepada pekerja migran jika mereka ingin memperbarui kontrak mereka setelah tiga tahun bekerja di Taiwan.

Praktik itu dilarang dalam amandemen Undang-Undang Layanan Ketenagakerjaan pada 2016, yang juga mengatur bahwa perpanjang kontrak tak harus pulang.

Namun, setelah pemerintah melarang agensi memungut biaya ulang perpanjang kontrak, banyak agensi meminta pemerintah untuk mencabut hal ini dengan alasan biaya operasional agensi besar.
[ads-post]
Huang Chiu-kuei (黃秋桂), direktur jenderal dari Badan Pengembangan Tenaga Kerja (WDA), mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan bahwa para agensi meminta aturan tentang biaya gratis penempatan untuk dicabut karena waktu dan biaya yang terlibat dalam kontrak proses pembaruan.

Menurut Jaringan Pemberdayaan Migran di Taiwan (MENT), migran yang berusaha untuk memperbarui kontrak mereka di Taiwan biasanya dikenakan biaya layanan sebesar NT $ 20.000 hingga NT $ 100.000 oleh agen tenaga kerja, meskipun biaya tersebut dilarang jika seorang pekerja telah menyelesaikan kontrak sebelumnya atau sedang memperbarui kontrak mereka dengan majikan mereka saat ini.

Praktik ilegal begitu meresap sehingga agen tahu persis bagaimana menghindari hukum atas biaya yang diminta kepada TKI ini, MENT mengatakan bahwa ia telah mengemukakan masalah dengan kementerian tenaga kerja pada banyak kesempatan tetapi sejauh ini belum ada yang ditanggapi.

Semoga dengan pertemuan ini, biaya perpanjang kontrak di Taiwan tak lagi mahal walaupun tak lagi gratis lagi. Percuma gratis, toh faktanya semua harus bayar kepada agensi.

Biaya Perpanjang Kontrak Mahal dan Terkadang Bisa Sampai NT$100 ribu, Pemerintah Panggil Agensi dan Pekerja Untuk Menyelesaikan Pungutan Liar Seperti ini

Diberdayakan oleh Blogger.
close