SUARABMI.COM - Sebuah media internasional, beberapa hari lalu menyebut bahwa mempertimbangkan kondisi Hong Kong saat ini, otoritas Beijing akan mencopot Chief xecutive Hong Kong, Carrie Lam dalam waktu tidak lama lagi dan akan menggantinya dengan pejabat sementara sampai waktu pemilihan tiba.

Namun China membantah bahwa pemerintahannya berencana menggantikan Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, di tengah krisis politik akibat demonstrasi besar tak kunjung mereda di wilayah semi-otonom tersebut.

Kementerian Luar Negeri China menuturkan rencana mencopot Lam dari jabatannya itu merupakan “rumor politik dengan motif tersembunyi.”

Melalui jaringan online, kelompok pro demokrasi Hong Kong kembali menyebarkan pemberitahuan terkait akan diselenggarakannya aksi unjuk rasa damai di tempat favorit yang bahkan sempat mendapat julukan lapangannya orang Indonesia, Victoria Park, Causeway Bay Hong Kong.
[ads-post]
Gelaran acara tersebut rencananya akan dilangsungkan pada akhir pekan depan, tepatnya Sabtu, 02 November 2019 antara jam 16:00 sore hingga jam 20:00 malam.

Dalam publikasinya, penyelenggara menyebut jika mendapat persetujuan, akan berlangsung sesuai dengan rencana, namun jika tidak disetujui, akan tetap berlangsung dengan skenario yang berbeda.

Aksi unjuk rasa yang melibatkan puluhan ribu warga pada Minggu, 20 Oktober 2019 kemarin sebelumnya sempat mendapat ijin. Namun mempertimbangkan faktor keamanan, akhirnya ijin untuk acara tersebut dinyatakan dicabut.

Meskipun demikian, acara tetap berlangsung tanpa terpengaruh mendapat ijin atau tidak. Dan selanjutnya, bentrokan antara aparat kepolisian dengan pengunjuk rasa tidak bisa lagi dihindari. Dampak dari bentrokan tersebut, banyak pihak yang tidak terlibat dalam gelaran unjuk rasa menjadi sasaran tembakan gas air mata, bule water canon, hingga semprotan cairan lada.

Kepada PMI/WNI di Hong Kong, dihimbau untuk tetap waspada menjaga diri masing-masing. Jauhi kerumunan pengunjuk rasa, minimalkan berada di luaran meskipun jauh dari pengunjuk rasa. Sebab fakta yang selama ini terjadi, gas air mata, blue water canon, serta semprotan merica tidak memiliki mata, bisa mengenai siapa saja.

Carry Lam Tak Jadi Dipecat, Bakal Ada Demonstran Padati Victoria Park di Akhir Pekan

Diberdayakan oleh Blogger.
close