loading...

SUARABMI.COM - Kemarin ada insiden menghebohkan di Hongkong dimana Polisi tiba - tiba menyemprotkan water cannon berwarna biru dan berbau yang mengenai masjid di Tsim sha Tsui Hong Kong kemarin (20/10/2019) sore.

Peristiwa tersebut viral dimedia sosial setelah sebuah video baik penyemprotan maupun warga Hongkong yang kerja bakti membersihkan masjid diunggah di facebook.

Dalam rekaman live video akun facebook Jeremy Tam tergambar suasana tenang diseputaran masjid Tsim Sha Tsui. 

Tidak ada terlihat aktifitas apapun di Masjid maupun diseputaran masjid, selain beberapa jurnalis yang sedang berjaga melakukan peliputan di pinggir jalan serta beberapa warga yang berada di sekitar pagar Masjid yang kondisinya tertutup.

Beberapa waktu kemudian, datang kendaraan water canon milik Polisi Hong Kong yang tiba-tiba berhendi tepat didepan pagar Masjid. 

Tidak terlihat ada peringatan maupun pergerakan personil dari mobil tersebut, saat kemudian secara tidak diduga, semburan air berwarna biru pekat disemburkan oleh aparat Polisi Hong Kong dari dalam mobil water canon ke arah beberapa jurnalis yang berada di tempat tersebut, kemudian semburan dibelokkan mengarah ke arah para jurnalis dan beberapa warga menghindar sampai mereka yang terkena semprotan tampak basah kuyup dan terbatuk-batuk.
[ads-post]
Tak bisa dihindari, semprotan air berwarna biru tersebut juga mengenai bagian pelataran hingga tangga Masjid.

Beberapa media internasional tak lama kemudian mengecam tindakan Kepolisian Hong Kong atas insiden tersebut. Berbagai pendapat di luar Hong Kong menuntut Kepolisian Hong Kong harus menyampaikan permintaan maaf secara terbuka dan bertanggung jawab atas insiden tersebut lantaran banyak dari mereka, yang dilakukan oleh Polisi Hong kong di Masjid Tsim Sha Tsui merupakan bentuk pelecehan Agama.

Warga Hong Kong yang mengetahui insiden tersebut, utamanya dari kalangan pro demokrasi, spontan berbondong-bondong mendatangi Masjid Tsim Sha Tsui. Dengan penuh rasa marah dan kecewa atas apa yang dilakukan Polisi, warga yang berbondong-bondong datang tanpa ada yang mengomando, membersihkan halaman, tangga, teras dan pagar Masjid yang kotor akibat semprotan water canon.

Merespon situasi, beberapa jam berselang, beberapa personil Polisi Hong Kong datang ke Masjid Tsim Sha Tsui. Mereka menemui beberapa Imam di Masjid tersebut untuk menjelaskan terkait dengan insiden penyemprotan air dari water canon.

Tak hanya itu, beberapa personil lainnya membantu warga yang membersihkan kotoran akibat semprotan water canon di lokasi tersebut.

Didepan awak media Hong Kong, sekira pukul 22:15 (20/10/2019) tadi malam, juru bicara Masjid Tsim Sha Tsui menyatakan perwakilan Polisi telah datang menemui mereka menyampaikan klarifikasi sekaligus membantu warga yang membersihkan kotoran.

Insiden Masjid Kowloon (Masjid TST) Disemprot Water Canon Warna Biru Berbau Kemarin, Begini Kronologi dan Klarifikasi Polisi Hongkong

Diberdayakan oleh Blogger.
close