loading...

SUARABMI.COM - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Karangreja, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga yang bekerja di Malaysia dipulangkan dalam keadaan tak bernyawa. TKI bernama Muktiasih (41) ini mengembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan tumor otak.

Ibu tiga orang anak ini meninggal pada Jumat (11/10) pagi. Ia tiba di Indonesia pada Selasa malam tepatnya di Yogyakarta. Dari Yogyakarta, jenazah diantarkan ke rumah duka pukul 20.30 WIB. Pukul 12.30 WIB, jenazah Muktiasih sampai di rumah. Ia dimakamkan pukul 08.00 WIB di pemakaman desa setempat.

Anak-anak Muktiasih tampak sangat terpukul. Mereka bahkan tak sanggup berkata-kata ketika dikonfirmasi wartawan seputar kondisi terakhir Muktiasih.

Sementara Agus Sutoro, Plt Kepala Dusun III sekaligus Kepala Seksi Pelayanan Desa Karangreja mengatakan, Muktiasih berangkat ke Malaysia tahun 2016. Semula Muktiasih dalam kondisi sehat.

Sampai dua bulan sebelum meninggal, Ia mulai mengeluh sakit di bagian kepala. Karena sakitnya semakin menjadi, Ia dibawa ke rumah sakit. Di rumah sakit, dokter mendiagnosa Muktiasih mengidap tumor otak.
[ads-post]
Agus mengatakan, begitu mendapat kabar kematian Muktiasih, pemerintah desa langsung berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja. Ia mengupayakan agar pemerintah daerah memfasilitasi pemulangan jenazah Muktiasih. “Difasilitasi BP3TKI, sampai akhirnya bisa dipulangkan,” ujar dia.

Meski demikian, keluarga Muktiasih tidak menerima klaim asuransi karena almarhum tidak berangkat melalui jalur yang legal. Agus mengatakan data yang bersangkutan tidak tersedia di arsip desa maupun Dinas Tenaga Kerja. “Jadi hanya dibantu pemulangannya tanpa biaya sepeserpun,” kata dia.

Menurut adik sepupu almarhumah, Supin, sebelum meninggal, dua pekan lalu, sempat memberikan kabar kepada anaknya melalui telepon. “Dua minggu terakhir, telepon ke anaknya. Katanya dia lagi sakit-sakitan di bagian otak,” kata Supin.

Supin menambahkan, Muktiasih berangkat menjadi BMI di Malaysia pada 2016 lalu. Dia bekerja di daerah Selangor sebagai pembantu rumah tangga.

Mengeluh Sering Sakit Kepala, BMI Asal Purbalingga Meninggal Dunia, Ternyata Mengidap Tumor Otak yang Tak Disadari

Diberdayakan oleh Blogger.
close