SUARABMI.COM - Setidaknya ada 6 orang TKI resmi yang dipulangkan dalam waktu beberapa bulan ini dengan kasus sama yaitu membawa TKI kaburan ke dalam mesnya. Mereka dipulangkan paksa karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap aturan pabrik. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Aman Leo, salah satu aktifis BMI Taiwan.

"Dalam beberapa bulan ini sudah ada korban 6 orang yang dipulangkan paksa dengan alasan membawa anak kaburan ke tempat mesnya (mes pabrik bukan mes pribadi)" Ujar Amanda Leo.

Berkaca dari kasus - kasus ini yang kesemuanya dideportasi walaupun kesalahannya cuman memasukkan teman kaburan ke mes, Amanda menyarankan untuk mereka yang punya teman kaburan untuk menyewa mes dilaur saja.

"Nah disini saya kasih saran untuk kalian, kalau punya pacar atau suami atau istri yang kaburan lebih baik ngontrak diluar saja, ngontrak berapa sih per bulan? ngontrak lebih nyaman daripada membawa mereka ke mes pabrik" Ujarnya
[ads-post]
Kasus - kasus seperti ini susah sekali di tolong karena resikonya memang besar dimana jika majikan didakwa membantu kaburan, melindungi kaburan maka dendanya akan sangat besar dan sanksinya juga lama.

"Setiap ada kasus tidak semuanya bisa di tolong, karena kebanyakan dari mereka sudah melanggar peraturan pabrik mereka yang bisa membuat pabrik bisa kena sanksi dimana dalam undang - udang Taiwan, melindungi pekerja kaburan dan memberikan job sanksinya sangat berat" Tutur Amanda.

"Oleh karenanya banyak pabrik memberikan peraturan dilarang  membawa TKI kaburan ke mes tempat kerjanya" Lanjutnya.

Memang dilema saat kita ada teman kaburan dan bermain di mes kita, diijinkan resikonya adalah kita dipulangkan namun jika ditolak resikonya adalah kita dijauhi dan dikucilkan.

So, semoga semuanya bisa mengerti, dengan ditulisnya berita ini bukan memojokkan salah satu namun agar yang resmi lebih enak dan tidak beresiko dan yang kaburan sadar diri kalau bertindak seperti ini membajayakan yang resmi. "Mudah mudahan bermanfaat dan tidak ada dipulang paksa lagi karena kasus serupa" Ujarnya

6 TKI Resmi Dipulangkan Paksa Karena Memasukkan TKI Kaburan Kedalam Mesnya, Ingat, Ketahui Aturan Berikut Ini Agar Kamu Tidak Menjadi Korban Berikutnya

Diberdayakan oleh Blogger.
close