===
loading...

SUARABMI.COM - Sebuah survei yang dirilis The Garden of Hope Foundation (GHF) mengatakan bahwa 29,61% dari total TKW (khususnya rumah tangga) masih menerima gaji kurang dari NT$17.000, hal itupun belum termasuk potongan agensi.

Kepala eksekutif The Garden of Hope Foundation (GHF), Ji Hui-rong menjelaskan, "sebagian besar pekerja migran hanya diupah sekitar NT$ 17.000. Ada sebagian yang bahkan di bawah angka ini. Paling rendah sekitar NT$ 15.000."

Sebagaimana aturan terbaru, seharusnya mereka yang bekerja di informal atau rumah tangga, gaji pokok mereka adalah NT$17.000 ditambah lemburan hari minggu dimana setiap bulannya ada 4 hingga 5 minggu.
[ads-post]
Bekerja di hari minggu para BMI seharusnya mendapat bayaran NT$ 566 x 4 jika dalam sebulan ada 4 hari minggu dimana diperoleh NT$ 2.264 atau NT$2.830. Sehingga mereka menerima gaji seharusnya minimal NT$ 19.264.

Dari total sektor informal 240.000 berarti ada 71.064 TKW yang menerima gaji dibawah standar. Sektor informal memang tidak masuk dalam UU Ketenagakerjaan Taiwan sehingga mereka tidak bisa berbuat apa - apa kecuali menerima keputusan majikan, jika majikan baik, beruntunglah mereka.

Tak hanya gaji dibawah standar, banyak juga para TKW yang tak mendapatkan jam istirahat minimal 8 jam karena pasien yang mereka rawat tidak memungkinkan ditinggal dan tidak ada perawat pengganti.

Sebagai pekerja, kita hanya berharap kepada pemerintah Taiwan agar standarisasi gaji sektor informal benar - benar ditertibkan sehingga rasa capek para pekerja terbayar lunas.

71.064 TKW Taiwan Masih Menerima Gaji Kotor Kurang Dari NT$17.000, Apakah Gajimu Sudah Sesuai? Seharusnya Segini

Diberdayakan oleh Blogger.