===
loading...

SUARABMI.COM - Area pegunungan tengah Taiwan menjadi area pemukinan keluarga kecil TKA Bahkan bisa disebut Desa kecil TKA. Ratusan pasangan TKA (kebanyakan Indonesia,red, Vietnam jumlah lebih kecil) bekerja secara ilegal dan melahirkan bayi-bayi tanpa status disana.

Penelusuran admin, Kebanyakan dari mereka memang sengaja mencari pekerjaan berpasangan dan lari ke daerah ini untuk bekerja sembari membangun keluarga sebelum menikah. Ada juga yang memang sengaja datang ke daerah ini untuk mencari pasangan. 

Status berkeluarga mereka sangat beragam, ada duda, janda, ada yg masih ber keluarga, ada yang memang masih single dsb. Pemukiman mereka tersebar di area puncak gunung sampai kaki-kaki gunung.

Mereka mendapatkan job-job ini dari para calo job reseller di group-group facebook, line dan sampai dikenalkan dari teman ke teman.

Perjuangan kearea sana juga tidak mudah, mereka harus membayar uang job dan uang transportasi taxi yang sangat mencekik leher.

Status keilegalan mereka beraneka ragam. Ada yang kabur dari pekerjaan PRT / Pabrik dengan sejuta alasan, Ada yang merupakan pengantin asing yang lari dari pasangan hidupnya, sampai akhir-akhir ini banyak pelancong overstayed. Mereka rata-rata bekerja dengan petani setempat, dengan berkebun, bertani sampai menjadi tikus hutan (pencuri kayu, red).
[ads-post]
Dilansir dari Udn news, Mrs Yang pendiri yayasan peduli anak di Taipei menuturkan "Mereka sangat memprihatikan, tempat tinggal mereka jauh dari perkotaan. 

Saya hampir jatuh ketika saya pergi menjenguk mereka. Perjalanannya sangat curam. Ketika saya sampai dipemukiman mereka, banyak sekali anak-anak kecil tanpa status mengkerumunin saya, mereka mengenali saya karena dulunya mereka sempat saya asuh di yayasan"

Yang lebih menyedihkan lagi, tempat tempat pemukiman mereka ini memang termasuk area yang susah dijangkau / jauh dari perkotaan. 

Diisukan pernah beberapa kali kejadian bayi-bayi munggil yang tak berdosa, meninggal karena sakit dan langsung dimakamkan di area gunung.

Orang tua mereka engan ke rumah sakit karena status mereka yang ilegal, (takut terciduk), Disamping itu transportasi daerah ini juga sangat tidak memadai.

Penulisan artikel seperti ini telah di lansir di beberapa media Taiwan, dan tidak sedikit menarik perhatian publik. tidak sedikit warga Taiwan prihatin dengan keadaan mereka disana, hidup relatif sederhana sekali dan membantu petani kecil.

Akankah mereka yang disana di kasihani? Atau malah sebaliknya malah menarik perhatian pihak berwajib khususnya imigrasi? Kita tunggu kelanjutannya.

Penulis : Faisal soh - Yurong.tw

Ratusan Pasangan TKI Kaburan Melahirkan di Pemukiman TKA ilegal Daerah Pegunungan Bagian Tengah Taiwan, Anak-anak Dilahirkan Tanpa Status

Diberdayakan oleh Blogger.