loading...

SUARABMI.COM - Selama Maret 2020, sebanyak 299 TKI asal Kabupaten Blitar pulang. Kebanyakan mereka pulang karena masa kontrak telah habis.

Kepala Disnakertrans Pemkab Blitar, Haris Susianto bilang 299 hanya jumlah yang terdeteksi sejak tanggal 1-30 Maret 2020. Mereka datang dari berbagai negara di kawasan Asia. Karena kondisi darurat corona ditetapkan sejak tanggal 16 Maret 2020, maka pemantauan terhadap kondisi kesehatan TKI yang pulang, juga dilakukan sejak awal bulan Maret.

"Data kami dari UPT P2TKI Surabaya ada 299 TKI pulang ke Blitar selama Maret 2020. Mereka datang dari Hong Kong, Taiwan, Singapura, Brunei dan Malaysia," beber Haris saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (1/4/2020).

Kedatangan mereka saat pandemi corona, lanjutnya, telah melalui protokoler kedatangan WNI yang melalui bandara. Data mereka ini, kemudian secara update disampaikan kepada gugus tugas penanganan covid-19 Pemkab Blitar, termasuk kepada Bupati Blitar.
[ads-post]
"Dengan laporan itu, dikandung maksud akan diteruskan kepada puskesmas tiap daerah dan camat untuk ikut monitoring kondisi kesehatan dan masa isolasi mandiri para TKI yang baru datang," jelasnya.

Dari 299 TKI, ada empat kecamatan dengan jumlah paling banyak kedatangan TKI. Dengan rincian di Kecamatan Wlingi ada sebanyak 19 TKI, Kecamatan Srengat ada 23 TKI, Kecamatan Selopuro 20 TKI dan Kecamatan Ponggok sebanyak 30 TKI.

Lalu bagaimana dengan TKI yang melalui jalur darat ? Haris menilai, butuh peran serta warga sekitar untuk ikut melakukan pemantauan. Terutama di skup paling kecil seperti RT atau RW.

"Bagi warga yang mengetahui ada tetangganya baru datang dari luar negeri, bisa langsung dilaporkan ke pamong desa atau puskesmas kecamatan setempat," pungkasnya.

Menjadi sebuah tradisi, TKI memulai mengakhiri kontrak kerjanya tiga bulan menjelang lebaran. Saat kontrak kerja habis, mereka pulang ke Indonesia untuk rehat sejenak berkumpul dengan keluarganya. Sebulan pascalebaran, mereka akan menghubungi beberapa agensi untuk mendapatkan kontrak kerja baru. Bisa kembali ke majikannya yang dulu di negara yang sama, atau banyak juga yang pindah ke negara tujuan lainnya. 

detiknews

299 TKI Hong Kong, Taiwan, Singapura, Brunei dan Malaysia Tercatat Pulang ke Blitar Saat Zona Merah, Mereka Diperiksa Ketat

Diberdayakan oleh Blogger.
close