loading...

SUARABMI.COM - Berdasarkan data dari Badan Intelijen Negara (BIN), penyebaran Covid-19 akan mengalami puncaknya pada Juli 2020. Diprediksi, penyebaran Covid-19 akan mencapai 106.287 kasus. 

Data tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, melalui konferensi video, Kamis (2/4/2020). "Puncaknya pada akhir Juni dan akhir Juli," kata Doni.

Masih berdasarkan data BIN, penyebaran virus corona akan mengalami peningkatan pada akhir Maret sebanyak 1.577 kasus, akhir April sebanyak 27.307 kasus, 95.451 kasus di akhir Mei, dan 105.765 kasus di akhir Juni. 

Menurut Doni, terdapat 50 kabupaten atau kota prioritas yang memiliki risiko tinggi terkait peningkatan penyebaran virus corona dan 49 persen dari wilayah itu berada di Pulau Jawa. 

Oleh karenanya, pemerintah perlu kerja sama dengan masyarakat agar skenario atau data BIN tersebut tidak terjadi. 
[ads-post]
"Kalau kita bisa melakukan langkah-langkah pencegahan, mudah-mudahan kasus yang terjadi tidak seperti apa yang diprediksi," ujarnya. 

Hingga saat ini, pemerintah terus meningkatkan upaya pencegahan Covid-19 dengan meningkatkan pelayanan kesehatan, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), hingga mencari obat yang paling memungkinkan untuk mengobati pasien positif Covid-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan obat atau vaksin untuk menyembuhkan penyakit Covid-19.

Namun, berdasarkan protokol dan rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) disepakati penggunaan obat jenis tamiflu untuk meredakan Covid-19.

Untuk menyiapkan skenario guna menahan laju perkembangan Covid-19, pemerintah terus berupaya melengkapi alat-alat kesehatan yang dibutuhkan. Bantuan berupa donasi, setiap harinya terus bertambah untuk menanggulangi wabah virus corona. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 hingga saat ini, sudah menerima donasi dari masyarakat sebanyak Rp 72,2 miliar.

Seluruh donasi yang diterima akan digunakan gugus tugas untuk mempercepat penanganan pandemi virus corona.

sumber: kompas.com

Badan Intelejen Negara Prediksi Puncak Covid-19 di Indonesia Pada Bulan Juli 2020, Mampukah Indonesia Mengantisipasi Puncak Penyebar?

Diberdayakan oleh Blogger.
close