loading...

SUARABMI.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyiapkan enam klaster penerbangan untuk memulangkan tenaga kerja Indonesia (TKI) yakni Amerika Serikat (AS), Jepang, Korea Selatan, China, Timur Tengah, dan Eropa.

Budi menyatakan telah berkomunikasi dengan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo terkait persiapan klaster tersebut. Saat ini, Kemenhub sedang mengurus 150 pekerja migran di luar negeri untuk dipulangkan ke Indonesia.

"Kami hanya menyediakan satu tempat penerbangan menuju Jakarta. Nanti di Jakarta ada protokol kesehatan," ujar Budi dalam video conference, Senin (27/4).

Budi menyatakan pihak Kedutaan Republik Indonesia (KBRI) akan membawa TKI ke satu titik yang akan menjadi titik penerbangan menuju ke Jakarta. Untuk itu, Budi juga sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
[ads-post]
"Tugas KBRI dan siapa pun menyiapkan ke titik itu dengan jadwal yang sudah disiapkan, saya sudah intensif bicara dengan Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi)," kata Budi.

Saat ini, sambung Budi, pemerintah sudah mulai memulangkan TKI yang berada di China lewat satu tempat yang telah ditentukan sebelumnya. Ia berharap keputusan ini akan mengurangi risiko penularan virus corona yang lebih masif.

"Saya minta satu titik saja, kalau titiknya banyak nanti komplikasi," imbuh Budi.

Budi menyatakan terus melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian/lembaga terkait persiapan-persiapan yang harus dilakukan berkaitan dengan lalu lintas udara, darat, dan laut di tengah penyebaran virus corona.

Dia bilang semua keputusan yang diambil berdasarkan hasil koordinasi dengan seluruh kementerian/lembaga.

"Saya koordinasi dan dari situ saya dapat masukan dan kondisi secara umum seperti apa," pungkas Budi.

cnnindonesia

Menhub Tetapkan 6 Klaster Penerbangan Untuk Pulangkan TKI Dari Amerika Hingga China ke Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.
close