loading...

SUARABMI.COM - Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Hong Kong mengimbau para pekerja migran asal Indonesia atau TKI agar menunda cuti dan mudik selama pandemi virus corona. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah Indonesia yang melarang mudik Lebaran 2020.

"Dalam upaya mencegah penyebaran wabah COVID-19, pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana pemberlakuan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini," kata Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong, Ricky Suhendar dilansir, Antara (25/4). 

"Sehubungan dengan hal itu, kami mengimbau agar para WNI dan pekerja migran Indonesia di Hong Kong menunda atau menangguhkan cuti dan mudik ke Indonesia," imbuhnya. 

Namun menurut Ricky, bagi WNI dan TKI yang terpaksa harus kembali ke Indonesia karena habis masa kontrak kerja atau penyebab lainnya, KJRI meminta yang bersangkutan melapor terkait informasi jadwal kepulangan.

Penyampaian informasi kepada KJRI bisa melalui WhatsApp Hotline, email atau Facebook. "Jangan lupa sampaikan juga kepada agen masing-masing," imbuh Ricky.
[ads-post]
Para TKI juga wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan dengan lengkap dan benar pada saat tiba di bandara di Indonesia untuk diserahkan kepada petugas kesehatan yang bersiaga. 

Ricky juga mengingatkan TKI meminta bantuan petugas Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) atau Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) jika mengalami kendala. 

"Sesampainya di Indonesia, jangan lupa melapor kepada pemerintah daerah, kelurahan, ketua RT/RW, dan melakukan karantina mandiri selama 14 hari," terang Ricky.

WNI di Hong Kong didominasi pekerja migran perempuan yang bekerja di sektor informal.  Jumlah pekerja migran asal Indonesia di Hong Kong diperkirakan mencapai angka 170.000 dengan masa kontrak dua tahun yang bisa diperpanjang secara periodik. 

Saat ini, kasus virus corona di Hong Kong sebanyak 1.035 dengan angka kematian sebanyak 4 jiwa. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI hingga saat ini belum mencata ada WNI di Hong Kong yang terinfeksi virus corona.

sumber: kumparan

TKI di Hong Kong Diimbau Tak Mudik, Jika Terpaksa Kembali ke RI Wajib Lapor

Diberdayakan oleh Blogger.
close