loading...

SUARABMI.COM - Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Cianjur dikabarkan meninggal di Arab Saudi. TKW itu ditemukan tergeletak di pelataran parkir dengan kondisi tubuh penuh luka lebam.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari detikcom, TKW bernama Evi Novianti binti Dedi (34) warga Kampung Sukaluyu, Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat itu meninggal dunia di Arab Saudi pada 26 Maret 2020. Namun kabar kematian Evi baru diterima keluarga beberapa waktu lalu.

Ai Rukiah (52) ibunda Evi, mengatakan, dua bulan lalu dirinya masih menjalin komunikasi dengan anaknya yang telah bekerja sebagai TKW di Timur Tengah selama 10 tahun 6 bulan itu.

"Sebulan terakhir tidak ada kabar, tidak ada menghubungi. Padahal biasanya rajin telepon. Ternyata dapat kabar dari KBRI jika anak saya meninggal," ungkap Ai dilansir dari  detikcom saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (15/4/2020).

Dia mengaku, keluarga mendapatkan informasi dari pihak KBRI jika almarhumah ditemukan di area parkir sekitar 500 kilometer dari kota Riyadh dengan luka lebam.
[ads-post]
"Informasinya begitu, melalui komunikasi telepon KBRI bilang ada luka lebam. Tidak tahu jadi korban penganiayaan atau bagaimana," ujar Ai.

Pihak keluarga berharap segera ada kepastian penyebab kematian jenazah, mengingat diduga ada keganjilan.

"Bahkan KBRI meminta dokumen yang diperlukan seperti fatwa waris, surat persetujuan pemakaman, surat minta outopsi dan tuntutan hak almarhumah serta tuntutan tindak pidana, jika terbukti minta diproses sesuai hukum yang berlaku di Arab Saudi," tuturnya.

Ketua DPC Astakira Pembaharuan Kabupaten Cianjur Ali Hildan mengaku setelah mendapatkan surat kuasa dari keluarga TKW yang meninggal tersebut, pihaknya langsung bersurat ke PWNI dan BHI Kemlu RI, Kemnaker RI, pengaduan ke BP2MI, dan Disnakertrans Cianjur.

Dia mengatakan, pihak keluarga hanya meminta ada kejelasan terkait kematian jenazah. Sedangkan untuk pemakaman jenazah rencananya dikebumikan di Arab Saudi, mengingat kondisi wabah Corona yang membuat jenazah sulit untuk dipulangkan ke tanah air.

"Dokumen yang diminta KBRI sudah kami kirimkan, namun sampai saat ini belum ada jawaban baik soal penyebab kematian ataupun informasi lebih lanjut," ujar Ali.

Sumber:detikcom

TKW Asal Cianjur Meninggal di Arab Saudi Penuh Luka Lebam

Diberdayakan oleh Blogger.
close