loading...

SUARABMI.COM -
Mulai tanggal 17 Maret pukul 16:00 setiap pekerja migran yang masuk ke Taiwan harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari untuk memastikan keamanan guna pencegahan epidemi Virus Corona, COVID-19.

Direktur Departemen Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Nantou, Lin Zhizhong (林志忠) mengatakan bahwa biaya hidup pekerja migran selama menjalani karantina di Taiwan ditanggung oleh majikan. Setiap orang biayanya NTD 20.000 lebih.

Majikan atau agensi tidak boleh memotong gaji atau memotong uang subsidi pekerja migran karena alasan apapun. Apabila ketahuan, majikan akan didenda dan izin perekrutan pekerja migran akan dicabut.

Namun, pekerja migran dapat mengajukan subsidi untuk pencegahan epidemi sebesar NTD 1.000 per hari. Biaya ini menjadi milik oleh pekerja migran.

Pengajuan bisa dilakukan setelah masa karantina habis hingga batas waktu yang ditentukan yaitu dua tahun. Tempat untuk pengajuan kompensasi pencegahan epidemi untuk wilayah Nantou di pemerintah kabupaten Nantou.
[ads-post]
Sebagaimana dilansir United Daily News, 6 Mei 2020, menurut data Statistik Departemen Tenaga Kerja Sosial Kabupaten Nantou, hingga saat ini belum ada pekerja migran yang mengajukan subsidi tersebut, namun mereka mengkhawatirkan majikan akan memotong gaji pekerja migran.

Untuk itu, Departemen Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Nantou mengingatkan kepada pekerja migran untuk memperhatikan slip gaji masing-masing, apabila ada kejanggalan disarankan segera menelpon 1955 untuk meminta bantuan.

Menurut peraturan, pekerja migran perawat keluarga direkrut langsung oleh majikan, maka biaya ditanggung oleh majikan. Sementara pekerja migran sektor industri direkrut oleh agensi, maka biaya karantina ditanggung oleh agensi. Pengusaha tidak dapat memotong upah atau subsidi untuk pekerja migran dengan alasan apa pun

Pada saat pengajuan subsidi, pekerja migran harus melampirkan formulir aplikasi, ARC atau paspor, foto copy buku tabungan milik pekerja migran serta menyertakan surat bukti cuti karantina dan bukti ada tidaknya pembayaran gaji yang dikeluarkan oleh majikan.

Apabila pekerja migran menghadapi kesulitan dalam pengajuan, dapat meminta bantuan majikan atau agen layanan ketenagakerjaan yang ditunjuk untuk membantu.

Untuk keterangan selengkapnya, pekerja migran dapat mengajukan pertanyaan dengan menghubungi Departemen Sosial dan Perburuhan Nantou, Bagian Perburuhan dan Pemuda, nomor telepon 049-2243667, 049-2240082.

hanitw

Majikan Taiwan Tanggung Biaya Karantina Pekerja Migran di Taiwan dan Tidak Boleh Memotong Gajinya

Diberdayakan oleh Blogger.
close