loading...

SUARABMI.COM - Sahabat PMI di Taiwan yang berstatus swasta, menyerahkan diri adalah salah satu cara untuk bisa kembali ke Indonesia baik itu secara mandiri maupun lewat jasa alias calo. Ada kelebihan dan kekurangannya masing - masing namun awas, salah pilih calo bisa di penjara.

Perlu kamu ketahui, saat kamu sudah menyerahkan diri, maka kamu dilarang kembali bekerja dalam bentuk apapun walaupun itu disuruh oleh calomu karena uangmu kurang dan juga kamu dilindungi agar uangmu tidak dipalak mereka.

Ada pasal berikut ini yang perlu kamu tahu sebelum kamu memilih siapa orang yang kamu percaya untuk membantu proses kepulanganmu.

'Apabila anda tertangkap dan terbukti telah bekerja secara ilegal ataupun terlibat dalam masalah yang melanggar hukum sejak tanggal pelaporan (menyerahkan diri) hingga waktu sebelum kepulangan, anda secara paksa akan ditempatkan dirumah detensi imigrasi (penjara) dan dideportasi', inilah bunyi pasal yang mengatur siapapun PMI yang telah menyerahkan diri secara mandiri atau lewat calo lalu masih nyambi bekerja sambil menunggu kepulangan.

Selain itu, bagi kalian yang dimintai uang berlebihan oleh calo atau jasa penyerahan diri, kamu juga bisa melaporkan.

Jadi jika kamu ditarik biaya diluar nalar, (biaya nalar adalah biaya denda yang ditentukan imigrasi, biaya tiket wajar, dan biaya mes atau makan selama nunggu kepulangan), maka kamu berhak melaporkan calo itu agar ia tak bisa lagi mempermainkan para PMI swasta.
[ads-post]
'Apabila anda tertipu, dimintai biaya yang tidak selayaknya, anda dapat melaporkan  ke TIM Intelegensi yang terdapat diberbagai kantor imigrasi atau kekantor Polisi', inilah pasalnya yang mengatur tentang biaya berlebihan. 

Nah, enakan mana sih lewat calo atau mandiri? Jawabannya tentu kondisional alias melihat situasi kondisi kamu saat menyerahkan diri.

Jika kamu masih mempunyai mes atau tempat tinggal, menyerahkan diri mandiri adalah pilihan terbaik karena kamu bisa mengirit biaya tiket, biaya makan dan mes juga biaya lainnya. Namun jika kamu dananya mepet, tidak mempunyai tempat tinggal, maka lewat calo adalah solusinya.

Kebanyakan calo mempunyai mes untuk menampung kamu, namun sekali lagi jangan gegabah, pilihlah calo yang menawarkan mes murah atau gratis, makan murah atau gratis dan juga yang menawarkan fasilitas layak.

Kamu bisa nego calo sana sini untuk mendapatkan harga terbaik jika memang kamu membutuhkan bantuan calo. Jangan sampai kamu menyesal seperti beberapa PMI swasta Taiwan yang masih disuruh kerja setelah menyerahkan diri dan dimintai biaya berlebihan karena salah pilih calo.

Bagaimana cara pilih calo? gampang, kamu tanya aja biayanya berapa, mes bagaimana, makan bagaimana, tapi videoin jawaban mereka, kalau suatu saat melanggar kamu rekam kembali dan laporkan mereka ke Polisi, tenang saja kamu sudah dilindungi jika kamu telah menyerahkan diri.

Waspada, PMI Swasta Taiwan Jangan Salah Pilih Orang Untuk Membantu Menyerahkan Diri dan Pulang, Bisa - Bisa Kamu Terjerat Hukum dan Gagal Pulang Jika Seperti ini

Diberdayakan oleh Blogger.
close